Logo Saibumi

4 Alat Transportasi Tradisional di Yogyakarta Yang Setia Menemani Wisatawan

4 Alat Transportasi Tradisional di Yogyakarta Yang Setia Menemani Wisatawan

Saibumi.com(SMSI), Yogyakarta -Yogyakarta merupakan salah satu kota yang paling indah di Indonesia. Tak salah Kota Gudeg ini menjadi salah satu tujuan wisatawan. Beragam cerita menarik tersimpan tersimpan di kota yang mempunyai banyak tempat wisata ini. Mulai dari spot wisata, situs sejarah, hingga kendaraan tradisional yang masih eksis sampai saat ini.

 

BACA JUGA: Lampung Krakatau Festival ke-30, Angkat Ragam Budaya dan Pariwisata Lampung

Liburan ke Yogyakarta belum lengkap jika belum mencoba naik alat transportasi tradisionalnya. Berikut 4 alat transportasi tradisional di Yogyakarta yang masih terjaga.

 

1. Andong

Andong merupakan simbol alat transportasi tradisional Yogyakarata. Sekilas, andong terlihat seperti kereta kencana negeri dongeng atau kerajaan. Asal mula transportasi ini tidak bisa dilepaskan dari kisah kerajaan Mataram. Dahulu Raja Mataram menggunakan andong sebagai kendaraan khusus dengan hiasan yang cantik dan mewah. Bahkan, andong dinilai sebagai penentu tingkat sosial seseorang di mata masyarakat.

 

Saat ini andong dijadikan sebagai alat transportasi tradisional Yogyakarta yang digunakan untuk mengangkut barang dan orang. Menggunakan tenaga kuda, andong menjadi pilihan wisatawan untuk mengelilingi tempat wisata. 

 

Karakteristik andong dapat dilihat dari jumlah rodanya, yaitu terdapat empat roda yang terbagi di bagian depan dan belakang. Roda bagian belakang berukuran lebih besar dibandingkan roda di bagian depan. 

 

Andong dapat mengangkut hingga empat orang. Untuk keperluan wisatawan, biasanya tersedia paket trip Malioboro dan sekitarnya.

 

2. Delman

Sebagian orang mengira delman sama dengan andong, tentu saja berbeda. Sekilas, delman memang terlihat seperti andong. Perbedaannya terletak pada jumlah roda. Delman mempunyai dua roda yang terletak di bagian samping badan. Sumber tenaga delman juga berasal dari kuda seperti andong.

 

Alat transportasi tradisional yang satu ini dapat dijumpai di sekitar Pantai Parangtritis. Ini adalah pilihan kendaraan yang tepat untuk menemanimu menjelajah pantai yang terletak di pantai selatan.

 

3. Becak

Salah satu alat transportasi tradisional Yogyakarta akan membuat liburan ke Yogyakarta makin menyenangkan. Becak dapat ditemukan dengan mudah di tempat wisata, seperti Kraton Jogja dan Malioboro. Biasanya, para wisatawan senang memilih berkeliling di kawasan ini menggunakan becak. 

 

Selain menemani para wisatawan, kendaraan roda tiga ini masih eksis digunakan dalam keperluan sehari-hari, yaitu mengantar ke pasar tradisional. Tidak hanya murah, becak dinilai sebagai alat transportasi tradisional yang nyaman dan fleksibel.  

 

4. Sepeda Onthel

Sepeda onthel bisa dikatakan sebagai sepeda legendaris yang masih digunakan hingga saat ini. Bedanya, sepeda onthel zaman sekarang didesain lebih ringan dibandingkan versi dahulu.

 

Alat transportasi satu ini sering dijumpai di kawasan pedesaan. Di beberapa desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa pengelola juga menyediakan untuk menemani liburan ke Yogyakarta. (Tuti)

BACA JUGA: Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Arinal Buka Pesona Kemilau Krakatau

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong