Logo Saibumi

Kapasitas Jadi 100 Persen, Penumpang Wajib Tes PCR di Penerbangan Domestik

Kapasitas Jadi 100 Persen, Penumpang Wajib Tes PCR di Penerbangan Domestik

Saibumi.com (SMSI) – Saat in aturan jaga jarak di moda transportasi umum sudah dihapuskan dan menjadi kapasitas 100 persen. Alasan ini lah yang membuat pemerintah mewajibkan syarat hasil negatif corona melalui tes PCR pada penerbangan domestik di wilayah Jawa-Bali dan non Jawa-Bali level 3 dan 4.

 

BACA JUGA: Geger Ditemukan Mayat Warga Asal Lampung Tengah di Aliran Sungai Citarum

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

 

"Pengguna RT-PCR sebagai metode testing yang lebih sensitif dapat mendeteksi orang terinfeksi lebih baik dari pada metode testing rapid antigen. Sehingga potensi orang terinfeksi untuk lolos dapat dicegah. Sehingga mencegah orang tersebut menulari orang lain dalam suatu tempat dengan kapasitas padat," papar Wiku.

 

Aturan baru ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satgas No. 21 tahun 2021, Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) No. 53 dan No. 54 Tahun 2021 dan 4 SE dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No. 86, 87, 88 dan 89 Tahun 2021.

 

Berikut syarat penerbangan domestik yang mulai berlaku pada 24 Oktober 2021:

 

Tujuan ke Jawa-Bali (juga diatur InMendagri No. 53 tahun 2021):

- Wajib 2 dokumen yaitu kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR (2 x 24 jam sebelum keberangkatan).

Tujuan ke non Jawa - Bali level 3 dan 4, (juga diatur InMendagri nomor 54 tahun 2021):

- Wajib menunjukkan 2 dokumen yaitu kartu vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR (2 x 24 jam).

- Anak-anak usia kurang dari 12 tahun bisa naik pesawat dengan syarat wajib menunjukkan 1 dokumen yaitu hasil negatif tes COVID-19 sesuai dengan moda transportasi dan daerah tujuannya dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 

BACA JUGA: Dua Tahun Jokowi-Ma'ruf Menjabat, Publik Sebut Wapres Sebagai Ban Serep Gak Kepake



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong