Logo Saibumi

Komnas PA Bandarlampung Dorong Pemerintah Usut Tuntas Koordinator Manusia Silver

Komnas PA Bandarlampung Dorong Pemerintah Usut Tuntas Koordinator Manusia Silver

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Belum lama ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandarlampung menertibkan sejumlah manusia silver dan seorang yang diduga menjadi koordinator lapangan anak-anak yang mayoritas masih di bawah umur.

 

BACA JUGA: 18 Gerai Bakso Sony Bandar Lampung Siap Dibuka Kembali

Dalam hal ini Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Kota Bandarlampung meminta pemerintah untuk mengusut tuntas para koordinator manusia silver. 

 

"Kita minta petugas usut tuntas para koordinator manusia silver tersebut, sehingga tidak lagi mengajak anak-anak untuk menjadi manusia silver lagi," ungkap ketua Komnas PA Kota Bandar Lampung, Ahmad Apriliandi Passa, kepada saibumi.com, Rabu (13/10/2021).

 

Lebih lanjut ia mengatakan, penanganan anak jalanan jni memang tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri oleh masing-masing instansi karena cukup pelik.

 

Atas hal ini tindakan dugaan eksploitasi yang dilakukan oleh koordinator bahkan orang tua dari anak-anak itu sendiri tentunya tidak dapat dibenarkan karena ini merupakan salah satu bentuk eksploitasi ekonomi.

 

“Berdasarkan Undang-Undang 35 tahun 2014 Pasal 761 tentang Perlindungan Anak, setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, bahkan turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi dan atau seksual terhadap Anak. Para pelaku akan berhadapan dengan ancaman pidana maksimal 10 tahun dan denda hingga 200 juta rupiah." jelas Ahmad Apriliandi Passa.

 

Ahmad Apriliandi Passa menambahkan, pembinaan kepada orang tua manusia silver dianggap sangat perlu guna memberi pemahaman yang baik terhadap orang tua bahwasanya tugas anak-anak adalah belajar disekolah bukannya mencari nafkah, jika terdapat kesulitan dalam pembiayaan sekolah kan ada prosedur billing yang dapat membantu anak-anak ini.

 

"Beberapa waktu lalu Walikota Bandarlampung juga sudah berjanji untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak jalanan ini agar dapat dibina ke arah yang lebih baik dan produktif, janji ini yang kita inginkan bersama untuk diwujudkan," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal Gelar Kegiatan Donor Darah Seribu Kantong di Kotabumi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong