Logo Saibumi

Jadi Perhatian, Dalang Pementasan Wayang Kulit Semar Mbangun Desa Pakai Srojan Loreng

Jadi Perhatian, Dalang Pementasan Wayang Kulit Semar Mbangun Desa Pakai Srojan Loreng

Saibumi.com(SMSI), Magelang - Sebagai pemimpin atau panutan di suatu wilayah harus bertanggung jawab atas keamanan, keselamatan, ketenteraman dan kesejahteraan warganya. Hal itu tersirat dari pagelaran wayang kulit dengan lakon "Semar Mbangun Desa" yang digelar di Dusun Puluhan, Desa Ketep, Sabtu malam (09/10). Panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

 

BACA JUGA: Ribuan Masyarakat Intan Jaya Papua Sambut Kedatangan Tiga Diakon

Letnan Satu Arm Sugiyarto, yang sehari - hari menjadi Komandan SSK Satgas TMMD 112 tampil sebagai dalang dalam pementasan wayang kulit untuk menghibur warga Dusun Puluhan dan sekitarnya.

 

Setelah menerima tokoh wayang Semar dari Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi, Ki Dalang yang tampil menggunakan sorjan loreng dengan gesit memainkan lakon Semar Mbangun Desa. Banyak pesan-pesan yang disampaikan oleh ki dalang pada para penonton.

 

Pagelaran wayang kulit yang dikemas dalam Hiburan Rakyat Dalam Rangkq TMMD Reguler 112 Kodim 0705/Magelang diharapkan bisa menjadi tontonan dan tuntunan warga sekitar.

 

 

Menjadi tontonan, karena pagelaran wayang tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri bagi warga Desa Ketep. Sudah hampir dua tahun warga tidak pernah menikmati hiburan yang bersifat umum karena virus corona yang melanda.

 

Ketokohan Semar, dan Punokawan serta tokoh lain diharapkan bisa menjadi tuntunan bagi warga dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Anjuran pemerintah tentang mencegah pandemi covid juga disampaikan kepada pemirsa.

 

Sebagai pemimpin, harus benar-benar bisa menempatkan diri dalam mengayomi yang dipimpin. Bagi warga, juga harus bisa menempatkan diri dalam kehidupan sehari-hari. Setiap permasalahan hendaknya diselesaikan dengan musyawarah dan kekeluargaan.
Apabila hal itu bisa dilakukan, maka wilayah tersebut akan tercipta kedamaian dan kesejahteraan.

 

Marpomo, Kepala Dusun Puluhan menyambut baik dan menyampaikan apresisasi kepada Satgas TMMD yang sedang membangun dan memberikan hiburan untuk warga.

 

"Tak disangka, TNI yang sehari hari bekerja di lapangan, ternyata lihai dalam memainkan wayang," kata Marpomo. (tuti)

BACA JUGA: Hari Libur Maulid Nabi 2021 Diundur, Guna Tekan Penularan COVID-19

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong