Logo Saibumi

Ini Alasan Hari Batik Nasional Diperingati Setiap 2 Oktober

Ini Alasan Hari Batik Nasional Diperingati Setiap 2 Oktober

Foto: Dok/Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Hari Batik Nasional yang selalu diperingati setiap 2 Oktober. Di mal, Perusahaan, Toko, bahkan Instansi, semua kompak mengenakan batik.

 

BACA JUGA: Polres Kulonprogo Buru Pelaku Pelemparan Bus dan Truk di Sentolo

"Iya kita memperingati hari batik nasional, makanya kompak kenakan batik," ungkap Dilla selaku karyawan Toko Buku di Bandarlampung kepada saibumi.com, Sabtu (2/10/2021).

 

Pertanyaan pun terlontar, mengapa hari batik ditetapkan pada tanggal 2 Oktober Berikut penjelasannya

 

Dalam sejarahnya, pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan budaya tak benda atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Penetapan ini pun sekaligus mengakui bahwa batik merupakan budaya asli Indonesia.

 

Pengakuan dunia internasional ini datang setelah melalui perjalanan panjang. Indonesia mendaftarkan batik ke UNESCO pada 4 September 2008. Sejumlah dokumen sejarah pun dilengkapi.

 

Perlu diketahui, batik dari Indonesia bersaing dengan sejumlah warisan budaya tak benda dari negara lain. Akhirnya setelah melewati beberapa rangkaian seleksi UNESCO pun mengukuhkan batik sebagai warisan budaya takbenda dalam sidang ke-4 di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

 

Kabar tentang pengukuhan ini pun disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah juga menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tahun.

 

Kala itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapkan Hari Batik Nasional. Keputusan ini ditetapkan pada 17 November 2009.

 

Hal tersebut dilakukan guna bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan batik. (Riduan)

BACA JUGA: Gubernur Arinal Djunaidi : Peringatan Hari Kopi Sedunia Sebagai Momentum Peningkatan Indeks Konsumsi Kopi Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong