Logo Saibumi

7 Bagian Motor Yang Harus Diganti Secara Rutin

7 Bagian Motor Yang Harus Diganti Secara Rutin

Saibumi.com (SMSI), Natar - Layaknya tubuh manusia, motor juga harus dirawat agar kondisinya tetap prima sehingga tahan lama dan dapat berjalan dengan tanpa kendala.


Untuk itu, perawatan secara rutin harus dilakukan terhadap motor kesayangan Anda. Agar tetap aman dan nyaman saat dikendarai, kesalahan dalam perawatan motor tersebut harus dihindari karena dapat membuat Anda kerepotan dan mengeluarkan biaya yang lebih besar.” Ungkap Service Advisor Astra Motor Natar Fredy Ranto.

BACA JUGA: Info TDM Honda Sidomulyo, Tips Aman Naik Motor Di Jalanan Berlubang Dan Rusak


Untuk melakukan tindakan preventif menghadapi kerusakan, ada beberapa bagian motor yang harus diganti rutin. Dengan demikian, motor Anda tidak akan rusak dan tahan lama. Berikut adalah bagian motor yang harus diganti rutin:


1. Oli
Oli adalah bagian yang harus diganti secara rutin untuk menghindari berbagai kendala saat mengendarai motor, seperti tiba-tiba macet di tengah jalan, turun mesin, dan kerusakan lainnya yang akan membuat Anda mengeluarkan jutaan rupiah untuk memperbaikinya. Lidi atau benda serupa daapt digunakan untuk dicelupkan ke tempat oli pada motor sehingga dapat diketahui seberapa banyak ketersediaannya dilihat dari batas bekas oli pada batang lidi tersebut.


Jika ketersediaan oli pada motor Anda sudah sedikit, maka segeralah ganti dengan oli baru sebelum berbagai kerusakan terjadi. Pemilihan oli sebaiknya disesuaikan dengan merk motor yang digunakan.


2. Busi
Busi yang usang dapat menyebabkan motor Anda sulit dinyalakan. Selain itu, busi yang sudah usang juga akan membuat motor tersendat-sendat, berasap, dan lainnya yang tentunya sangat mengganggu dan tidak nyaman saat dikendarai.


Oleh sebab itu, busi merupakan bagian yang harus diganti secara rutin agar motor Anda tahan lama dan terasa nyaman saat dikendarai.
3. Gear Motor
Sama halnya dengan oli dan busi, gear motor juga harus rutin diperiksa dan diganti jika sudah gundul.


Rantai motor akan terlepas jika gear sudah gundul, dan hal ini tentunya akan merepotkan Anda. Untuk motor yang sering digunakan, gantilah gear motor 2 (dua) bulan sekali agar terhindar dari kerusakan yang telah dikemukakan tadi.

 

4. Kampas Rem atau Oli Rem
Kecelakaan akibat rem blong mungkin merupakan salah satu ketakutan yang paling sering dipikirkan oleh setiap pengendara.


Oleh sebab itu, kampas rem atau oli rem pada motor Anda harus senantiasa diperiksa dan diganti jika perlu, karena tanpa perawatan yang baik terhadap bagian tersebut akan berakibat fatal seperti rem blong yang beresiko kecelakaan berkendara. Kecelakaan akibat rem blong cukup sering terjadi.


5. Air Radiator
Perawatan yang baik terhadap air radiator akan menjaga ketahanan atau umur mesin, terutama pada motor matic. Mesin motor yang terlampau panas akan mati mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, air radiator diperlukan sebagai pendingin pada mesin motor.


Anda hanya perlu memeriksa ketersediaan air radiator pada motor, apakah sudah kering atau belum, dengan cara membuka/menutup radiator yang terletak di samping tangki bensin. Sebagai tindak lanjutnya, cairan tersebut harus diganti secara rutin.


Tanpanya, kerusakan fatal akan terjadi pada motor sehingga Anda harus senantiasa menjaga ketersediaan air radiator agar tidak kering.


6. Ban
Banyak pengendara yang mengabaikan ban sebagai salah satu bagian motor yang harus diganti rutin. Ban yang botak akan membuat Anda rentan tergelincir saat mengendarai motor. Oleh sebab itu, performa ban harus senantiasa dijaga. Dengan ban yang baik, maka resiko kecelakaan berkendara akan semakin rendah.


7. Aki
Sama halnya dengan tubuh kita, motor juga memiliki sistem syaraf yaitu aki yang bertugas mengurus kelistrikan di dalamnya.


Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa lampu-lampu pada kendaraan berperan sebagai alat penerangan dan alat komunikasi dengan pengendara lain.


Oleh sebab itu, kondisi aki harus selalu dijaga dengan cara menggantinya secara rutin, karena tanpanya lampu motor tidak dapat menyala. Aki biasanya diganti setiap 1,5 sampai 2 tahun sekali.
Dengan melaksanakan anjuran tentang bagian motor yang harus diganti rutin di atas, Anda telah melakukan sebagian dari upaya perawatan motor yang baik.


Dengan demikian, motor anda akan lebih awet atau tahan lama. Semua hal tersebut harus dilakukan karena pada dasarnya keamanan dan kenyamanan berkendara haruslah menjadi prioritas.(SB05)

BACA JUGA: Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong