Logo Saibumi

Info TDM Honda Sidomulyo, Tips Aman Naik Motor Di Jalanan Berlubang Dan Rusak

Info TDM Honda Sidomulyo, Tips Aman Naik Motor Di Jalanan Berlubang Dan Rusak

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Layaknya kisah dengan gebetan, jalanan yang Anda lalui ketika mengendarai motor, tak selamanya mulus.


Kondisi jalanan yang rusak, entah itu bergelombang maupun berlubang, berisiko menimbulkan ancaman, selain ketidaknyamanan.
Jangan asal bermanuver satu detik sebelum ‘menghajar’ jalan berlubang dan rusak, tanpa mengetahui trik yang aman.

BACA JUGA: Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

 

Demi keselamatan berkendara, National Traffic Management Centre (NTMC) Korlantas Polri bahkan telah membagikan sejumlah tips bagi para pengguna jalan.


4 Tips lintasi jalan yang rusak
Tak hanya ketika Anda tahu harus melalui jalanan yang rusak, pemeriksaan kondisi kendaraan penting dilakukan sebelum naik motor. Termasuk tekanan angin serta kondisi ban. Selanjutnya, ikutilah tips aman berikut ini.

 

1. Pelajari medan yang akan dilalui
Jika belum familiar dengan jalur yang akan dilewati, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu.


Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi adanya jalanan rusak. Apabila sudah mengetahui adanya jalanan rusak di depan, tetap fokus dan bersiaplah untuk berpindah jalur demi menghindari lubang.
2. Pastikan jarak pandang aman
Pastikan jarak pandang Anda dengan kendaraan di depan, dalam kondisi aman.


Jangan terlalu dekat dengan kendaraan-kendaraan lain, yang akhirnya malah menghalangi pandangan Anda. Selain itu, dengan menjaga jarak, Anda dan pengendara lain pun memiliki cukup waktu untuk menghindari jalanan yang rusak.

 

3. Turunkan kecepatan
Apabila tiba-tiba melihat adanya lubang di jalanan, segera turunkan kecepatan motor. Caranya dengan menutup putaran gas dan kedua rem. Jika masih sempat, lihat ke spion untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang hendak melalui area lokasi Anda untuk menghindar.


Apa jadinya jika tidak sempat?
Anda dapat memperlambat laju motor sampai berhenti. Selanjutnya, pastikan kondisi sektiar aman, untuk kemudian berpindah jalur dan menghindari jalanan berlubang di depan. Sementara itu, jika jarak pengereman terlalu pendek, kurangi kecepatan motor dan angkat pinggul Anda. Tujuannya, agar Anda tidak terpelanting dari motor.


4. Beri kesempatan kendaraan di depan untuk menghindar
Ketika Anda mengetahui bahwa kendaraan yang ada di depan akan menghindari jalanan berlubang, maka berilah kesempatan. Tetap bersabar dan jangan lekas mengambil keputusan untuk mendahului.


Setelah mengetahui tips aman berkendara di jalan berlubang, pastikan Anda menerapkannya dan senantiasa mengenakan perlengkapan untuk melindungi diri, termasuk helm standar SNI dan jaket. Tambah Yogi - Kepala Cabang TDM Honda Sidomulyo.(SB05)

BACA JUGA: Cek Motormu Gratis Di NSS Kedaton



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong