Logo Saibumi

Menteri PUPR Targetkan Pembangunan SPAM Bandarlampung Rampung Tahun 2022

Menteri PUPR Targetkan Pembangunan SPAM Bandarlampung Rampung Tahun 2022

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, menargetkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandarlampung ditargetkan rampung pada tahun 2022.

 

BACA JUGA: Pasca Pengeroyakan, Seluruh Petugas Pelayanan Disdukcapil di Rolling

Kehadiran SPAM tersebut meningkatkan akses air minum aman bagi masyarakat Bandarlampung. 

 

“Dengan SPAM Kota Bandar Lampung, air dari Sungai Way Sekampung dapat dijernihkan dan bisa dipakai sebagai air minum oleh masyarakat Bandar Lampung,” ungkap Basuki, Sabtu (4/9/2021).

 

Pembangunan SPAM Kota Bandarlampung merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilaksanakan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

 

"Nantinya SPAM ini akan menyuplai air bersih kepada PDAM Way Rilau dan ditargetkan dapat memasok 750 liter air minum per detik untuk 60.000 Sambungan Rumah (SR) atau sekitar 300.000 jiwa," pungkas Basuki Hadimuljono.

 

Perlu diketahui proyek yang bersumber dari APBN ini dikerjakan oleh PT Minarta dan PT Gemilang (KSO) sebagai kontraktor pelaksana. Proyek SPAM Bandar Lampung dimulai pada 28 November 2020 dan ditargetkan selesai pada tahun 2022.

 

SPAM tersebut dibangun dengan total nilai investasi Rp1,3 triliun yang terdiri dari Rp485 miliar dari badan usaha, Rp258,8 miliar sebagai VGF, Rp300 miliar dari APBN Kempupera, Rp150 miliar dari APBD Kota Bandar Lampung, dan Rp131 miliar dari BUMD. (Riduan)

BACA JUGA: Kabar Gembira, Klinik Pratama Saibumi Adakan Promo Spesial Sehat + Hemat



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong