Logo Saibumi

Dawet Sambel, Kuliner Unik Desa Jatimulyo Kulonprogo

Dawet Sambel, Kuliner Unik Desa Jatimulyo Kulonprogo

Saibumi.com(SMSI), Kulonprogo - Di kawasan Eko Wisata Sungai Mudal, Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, terdapat kuliner unik bernama dawet sambal. Berbeda dengan dawet pada umumnya yang memiliki rasa manis, dawet sambal justru terasa lebih pedas dan gurih.

 

BACA JUGA: Pelajar SD Trauma, Disodomi Oleh 10 Pria Bertopeng

Adanya rasa pedas dan gurih itu dikarenakan dalam penyajian dawet ini, peracik turut menambahkan pelbagai sayuran seperti tauge mentah, kubis dan seledri yang kemudian ditutup dengan lumuran sambal kelapa dan kacang.

 

"Penyajian hampir sama dengan dawet lain, ada santan sama gula merah, yang membuat beda di dawet sambel ini ada tambahan sayuran sama sambel kacang, jadi rasanya lebih gurih dan pedas," kata salah satu penjual dawet sambel di Eko Wisata Sungai Mudal, Sukilah, Jumat (3/9/21).

 

Selain rasanya yang unik, harga yang dipatok untuk bisa mencicipi dawet ini juga menarik. Sebab, satu mangkok dawet sambal hanya dibanderol Rp3.500. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut tak ayal membuat dawet sambal kian diminati masyarakat.

 

Menurut Sukilah, mulai dari tua muda hingga anak-anak yang berwisata di Sungai Mudal, kerap mendatangi warungnya untuk membeli kuliner unik tersebut. "Dulu juga sempat ada yang datang cuma mau coba dawet sambal, katanya penasaran sama rasa unik dawet ini," ujarnya.

 

Menurut Fajar, sambal tersebut juga berbeda karena terbuat dari kelapa yang diiris-iris. Setelah digoreng, kemudian ditumbuk dan diberi cabai, mirip sambal pecel.

 

"Dulunya pembuat Dawet Sambel berjualan pecel sama dawet. Saat pecelnya habis dan dawetnya masih ada, kemudian ada pembeli ingin makan dawet tapi tidak pakai santan, justrumalah dikasih sambel pecel. Karena dirasakan enak, akhirnya semakin ke sini malah jadi tradisi makan dawet pakai sambel," terangnya.

 

Di Kalurahan Jatimulyo, kuliner ini dijual banyak dijual di tempat wisata, dan di warung pinggir jalan dan juga pasar rakyat. (tuti).

BACA JUGA: Siang Bolong, Maling Bobol Rumah Kardi Warga Kokap



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong