Logo Saibumi

Kulonprogo Dinyatakan Satu-satunya Zona Merah Covid-19 di Pulau Jawa, Gugus Tugas Minta Klarifikasi

Kulonprogo Dinyatakan Satu-satunya Zona Merah Covid-19 di Pulau Jawa, Gugus Tugas Minta Klarifikasi

Saibumi.com (SMSI), Kulonprogo - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulonprogo mempertanyakan dasar yang dipakai Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dalam menyematkan status  pada laman covid-19.go.id  yang menyatakan Kabupaten Kulonprogo dicap sebagai satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang berstatus zona merah penyebaran covid-19.

 

BACA JUGA: Kunjungi Lampung, Jokowi akan Tinjau Vaksinasi Hingga Resmikan Bendungan Way Sekampung

Menurut Gugus Tugas (Gugas) covid-19 Kulonprogo, berdasarkan data kondisi di Bumi Binangun sudah jauh membaik.

 

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulonprogo, Fajar Gegana, merasa heran dengan status zona merah ini. Dia mengklaim situasi terkait perkembangan penyebaran Corona telah mengalami perbaikan dua pekan ini.

 

 

Selama dua pekan itu pula kasus harian di wilayahnya berkurang secara signifikan.

 

"Kasus positif COVID-19 harian di kabupaten Kulonprogo juga di bawah 100 kasus per hari. Kami juga terus mengoptimalkan vaksinasi COVID-19 kepada warga," kata Fajar, Kamis (2/9/21) pagi.

Kondisi tersebut berdampak pada tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 yang tak lagi dijejali para pasien.

 

Per hari ini tempat tidur pasien non kritikal di seluruh RS rujukan terisi 27,41 persen. Sementara untuk pasien non kritikal ranjangnya terpakai 28,15 persen.

 

Dengan sederet pemaparan itu, pihaknya berencana meminta klarifikasi Satgas COVID-19 sekaligus data konkret yang menyimpulkan Kulon Progo sebaga zona merah.

 

"Kami akan upayakan klarifikasi serta meminta data yang konkret dari Pusat terkait dengan Kulon Progo yang masuk zona merah satu-satunya se-pulau Jawa. Hingga saat ini kami belum tahu (sumber data)," pungkasnya.

 

Berdasarkan data terbaru pada laman covid-19.go.id, Kulonprogo termasuk dalam 15 kabupaten/kota yang masih berstatus zona merah. Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut:

 

  1. Aceh: Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Kota Lhokseumawe, Langsa
  2. Sumatera Barat: Kabupaten Pasaman Barat
  3. Kepulauan Bangka Belitung: Kabupaten Belitung Timur
  4. DI Yogyakarta: Kabupaten Kulon Progo
  5. Bali: Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Buleleng, Klungkung, Karangasem, Tabanan
  6. Kalimantan Utara: Kabupaten Bulungan
  7. Sulawesi Selatan: Kabupaten Soppeng. (tuti)

BACA JUGA: OMG! Hampir Bunuh Diri Loncat Dari Jembatan, Mahasiswa Ini Diduga Depresi Akibat Skripsi

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong