Logo Saibumi

Manfaat Decluttering, Solusi Gaya Hidup Minimalis yang Wajib Kamu Coba

Manfaat Decluttering, Solusi Gaya Hidup Minimalis yang  Wajib Kamu Coba

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Di tengah pandemi, tentu perlu diperhatikan apalagi menyangkut soal gaya hidup. Wabah pandemi yang entah kapan berakhir, membuat sejumlah orang depresi hingga minim empati tentu menimbulkan masalah baru dalam kesenjangan sosial. penawaran terbaik di kalangan milenial bisa menjadi cara untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik salah satunya Decluttering. apa itu Decluttering?

 

BACA JUGA: Gelar RUPS dan Pubex 2021, PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) Ungkap Inisiatif Baru

Pada dasarnya, decluttering sendiri memiliki arti suatu cara atau kegiatan menyingkirkan barang yang tidak digunakan, sehingga hanya menyimpan barang-barang yang memang dibutuhkan sehari-hari.

 

Jadi, kegiatan bersih-bersih ini bukan sekedar kegiatan beres-beres saja, lho. tapi harus pandai menyortir barang-barang yang dimiliki. Dalam hal ini, mesti bisa mengatur barang mana yang akan disimpan, digunakan, hingga dibuang karena sudah tidak digunakan dan dibutuhkan lagi.

 

Namun, kalau barang yang tidak digunakan dan tidak dibutuhkan itu masih layak dipakai, lebih baik didonasikan saja kepada yang membutuhkan daripada dibuang, ya. berikut beberaPA manfaat seltelah melakukan Decluttering yang kami rangkum dari laman kreditpintar: 

 

1. Ikut Andil Dalam Program Ramah Lingkungan

Kegiatan yang dilakukan manusia setiap hari berhasil memunculkan jejak karbon, berupa emisi gas rumah kaca. Semakin tinggi emisi gas ini, maka semakin berbahaya bagi bumi karena memicu terjadinya pemanasan global menjadi lebih parah. Oleh karena itu, ketika hanya mengkonsumsi sedikit barang di dalam rumah, maka Sobat Pintar sudah turut serta dalam mengatasi efek rumah kaca. Tanpa sadar,  sudah tak lagi merusak bumi yang semakin hari sudah semakin panas.

 

Biar barang-barang tak berguna itu tidak semakin menumpuk, perlu membatasi gaya hidup konsumtif atau menghilangkannya. Sebab, gaya hidup inilah yang membuat banyak barang menumpuk di rumah sendiri.

 

2. Ramah Kantong Sehingga Membuat Tetap Hemat

Manfaat kedua dari decluttering adalah bisa membuat menjadi pribadi yang hemat setiap hari. Sebab, gaya hidup konsumtif dimana Sobat Pintar membeli segala jenis barang padahal tidak dibutuhkan akan memakan banyak uang setiap hari. Gaya hidup minimalis bisa menjadi solusi untuk yang ingin bebas dari gaya hidup konsumtif atau mewah. Jadi, saat belanja, prioritaskan beberapa barang yang paling penting terlebih dahulu.

 

Melalui gaya hidup ini, bisa fokus membeli barang-barang yang benar dibutuhkan untuk bisa menjalani hidup. Sehingga, gaji yang dihasilkan setiap bulan masih dapat tersisa, kemudian ditabung untuk kebutuhan masa depan. Jika kamu memiliki hutang atau tanggungan ke pihak tertentu, gaya hidup minimalis bisa menjadi solusi untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Sobat Pintar tidak perlu membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, dan bisa fokus dalam menyelesaikan hutang tersebut. Sehingga, kehidupan akan lebih tenang karena sudah terbebas dari kejaran para penagih.

 

3. Membuat Jiwa Lebih Bahagia

Manfaat bersih-bersih nyatanya bisa membuat jiwa lebih bahagia dari biasanya. Sebuah penelitian menyatakan, bahwa 87% dari 2.500 orang memiliki kehidupan bahagia saat memiliki barang sedikit, namun sesuai kebutuhan. Perlu diketahui, kebahagiaan yang sejati adalah saat berhasil menikmati hidup dengan seutuhnya. Bukan saat memiliki barang  banyak atau lainnya. Dengan begitu, Sobat Pintar akan terhindar dari stres dan berbagai hal lainnya. Itulah beberapa informasi mengenai metode dan kegunaan dari decluttering. Kegiatan ini bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, lho. bisa mencobanya sekarang juga dari rumah, saat memiliki waktu luang banyak di hari libur.

BACA JUGA: 270 Keluarga Terisolasi Akibat Banjir Bandang



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong