Logo Saibumi

Jokowi Instruksikan Harga Tes PCR Diturunkan Jadi Rp 450.000-Rp 550.000

Jokowi Instruksikan Harga Tes PCR Diturunkan Jadi Rp 450.000-Rp 550.000

Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Presiden Joko Widodo memerintahkan agar biaya tes PCR dibatasi dalam rentang 450 ribu hingga 550 ribu rupiah. 

 

BACA JUGA: Kemenhub Bolehkan Tes Antigen Sebagai Syarat Penerbangan, Simak Penjelasannya

"Saya berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp 450.000-Rp 550.000," kata Jokowi dalam siaran yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

 

Selain itu Jokowi juga meminta agar hasil tes dapat diakses dalam 24 jam.

 

"Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Penanganan pandemi Covid-19 ini butuh kecepatan: cepat melakukan tes (testing), menelusuri kontak erat (tracing), dan merawat pasien yang terbukti positif (treatment), untuk itulah, saya menginstruksikan Menteri Kesehatan agar hasil tes PCR bisa diketahui paling lambat 1x24 jam," jelas Presiden Jokowi.

 

Melansir dari beberapa sumber, hingga saat ini, biaya tes PCR paling rendah masih ada di kisaran Rp800 ribu.

 

Beberapa hari belakangan, isu tentang tes PCR di India lebih murah menggema di jejaring sosial. Lantas para warga net pun ramai-ramai berseru agar harga tes PCR di Indonesia bisa lebih diturunkan harganya.

 

Saibumi.com mencoba menanyakan kepada salah satu Klinik di Kota Bandarlampung terkait harga tes PCR, dan memang benar untuk harga tes paling rendah berada di angka Rp.800 ribu 

 

"Memang benar harganya paling murah 800 ribu an, yang paling mahal di atas Rp 1 juta, kalo hasilnya bisa dalam waktu 24 jam," pungkas Endang, Minggu (15/8/2021). (Riduan)

BACA JUGA: Ini Kebahagian Bagi Relawan Covid-19 Posko Mandiri Relawan Indonesia Siaga Ambulance Covid-19



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong