Logo Saibumi

Ini Cara Membuang Sampah Masker Sekali Pakai Menurut Kemenkes

Ini Cara Membuang Sampah Masker Sekali Pakai Menurut Kemenkes

Foto: Ilustrasi Sampah Masker Medis (Saibumi.com/Riduan)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Anjuran untuk selalu memakai masker guna mencegah penularan virus covid-19 kerap kali tak diikuti dengan cara membuang masker medis yang tepat.

Sampah masker medis menjadi masalah tersendiri yang muncul disetiap daerah. Tak terkecuali di Kota Bandarlampung

BACA JUGA: Jenazah Covid-19 Tertukar, 1 Jenazah Sudah Selesai di Kubur

Banyak orang yang membuang masker sembarangan seperti di jalanan, rumah, dan sebagainya. Perlu diketahui, masker medis yang telah dipakai. Tidak boleh dibuang sembarangan.

Melansir laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI cara membuang sampah masker sekali pakai tertuang pada Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan masuk kepada pengelolaan limbah domestik,

Berikut 5 tips cara membuang masker sekali pakai menurut Kemenkes:

1. Kumpulkan masker bekas pakai

Langkah pertamanya adalah mengumpulkan masker bekas pakai. Masker sekali pakai yang sudah kotor sebaiknya jangan langsung dibuang terlebih dibuang di sembarang tempat, kalian bisa kumpulkan terlebih dahulu lalu lakukan tahap kedua

2. Ubah bentuk

Setelah masuk pada proses perendaman masker medis robek bagian tengah masker hingga menjadi dua bagian agar tidak bisa digunakan ulang.

3. Lakukan desinfeksi

Setelah masker medis sekali pakai kalian kumpulkan, lakukan desinfeksi dengan cara merendam masker tersebut pada larutan desinfektan atau pemutih.

4. Buang ke tempah sampah

Setelah perendaman masukan sampah masker sekali pakai kedalam tempat sampah. Karena masker medis digolongkan sebagai sampa domestik sehingga cukup dibuang di tempah sampah domestik.

5. Cuci tangan

Setelah kalian selesai membuang sampah masker sekali pakai kedalam tempat sampah, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer hingga bersih selama 20 detik.

Semoga bermanfaat. (Riduan)

BACA JUGA: Kapal Pelni Jadi Isolasi Covid-19 Terpusat di Lampung, Ini Jawaban Menko Perekonomian 



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong