Logo Saibumi

Stop! Buang Sampah ke Sungai, Inilah Data Mengerikan Soal Sampah Plastik

Stop! Buang Sampah ke Sungai, Inilah Data Mengerikan Soal Sampah Plastik

Foto: Ilustrasi Sampah Plastik

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Milennials harus tahu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai persoalan sampah sudah meresahkan. Indonesia bahkan masuk dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke Laut setelah Tiongkok.



Hal itu berkaitan dengan data dari KLHK yang menyebut plastik hasil dari 100 toko atau anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dalam waktu satu tahun saja, sudah mencapai 10,95 juta lembar sampah kantong plastik.

BACA JUGA: Meski Tanpa Atap, Pedagang di Sekitar Stadion Mini Way Dadi Mulai Membuka Lapaknya



Bedasarkan data yang di himpun Saibumi.com Jumlah itu ternyata setara dengan luasan 65,7 hektare kantong plastik atau sekitar 60 kali luas lapangan sepak bola. Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton.


Berada di urutan ketiga adalah Filipina yang menghasilkan sampah plastik ke laut mencapai 83,4 juta ton, diikuti Vietnam yang mencapai 55,9 juta ton, dan Sri Lanka yang mencapai 14,6 juta ton per tahun. Setiap tahun produksi plastik menghasilkan sekitar delapan persen hasil produksi minyak dunia atau sekitar 12 juta barel minyak atau setara 14 juta pohon. 

 

Sampah menjadi permasalahan dunia, Rencana SABC akan mengumpulkan 1.441 ton botol plastik bekas di Kamerun. Gerakan ini sebagai kontribusi dalam mengurangi polusi sampah plastik di Kamerun, di mana menurut data pemerintah bahwa produksi tahunan saat ini melebihi 600.000 ton. Jumat, (13/8/2021)

 

Pengelolaan kemasan plastik non-biodegradable atau produsen Société anonyme des brasseries du Cameroun (SABC). Produsen kemasan tersebut harus menyiapkan sistem untuk pengumpulan, daur ulang, atau pembuangan akhir sampah plastik. Langkah ini memperingati “Plastic Waste Free Holiday” yang ke-9 di Kamerun.

 

Program ini juga melibatkan 300 pemuda Kamerun secara sukarela dan telah dijalankan pada 2 Agustus 2021 diantara beberapa pusat polusi plastik di Kamerun, yaitu Yaoundé, Bafoussam, Garoua, Limbé, Nkongsamba dan Douala. 

 

BACA JUGA: Jenazah Covid-19 Tertukar, 1 Jenazah Sudah Selesai di Kubur



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong