Logo Saibumi

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer Arah Barat Daya

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer Arah Barat Daya

Saibumi.com.(SMSI), JOGJA - Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, Kamis (12/8/2021) dini hari, kembali mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer dari puncak kawah. Selain semburan awan panas, terjadi pula puluhan kali guguran lava pijar yang juga menyebabkan hujan abu tipis di sekitar barat daya lereng merapi.

 

BACA JUGA: 12 Kali Guncangan Gempa Dirasakan Warga Gunungkidul, Berikut Data yang Dihimpun

Peristiwa erupsi Merapi terpantau kamera CCTV Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKH) Yogyakarta. Erupsi Merapi yang disertai awan panas guguran tersebut bahkan terjadi beberapa kali dan semuanya mengarah ke barat daya atau wilayah Kabupaten Magelang.

 

Erupsi terjadi Kamis (12/8/2021) sekitar pukul 01.07 WIB dengan jarak luncur 2,5 kilometer, kemudian pukul 01.16 WIB dengan jarak luncur 1,8 kilometer.

 

Selanjutnya pukul 01.53 WIB dengan jarak luncur terjauh yakni 3 kilometer dan pukul 02.46 wib dengan jarak luncur 1,8 kilometer.

 

Meski demikian semburan awan panas ini masih  berada di radius aman dari permukiman penduduk yang berada di area 6 kilometer dari puncak Merapi.

 

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta periode pengamatan 11 Agustus 2021 pukul 18.00 WIB hingga 12 Agustus 2021 pukul 03.00 WIB, tercatat peristiwa guguran lava pijar sebanyak lebih dari 35 kali.

 

Peristiwa erupsi gunung merapi ini juga menyebabkan hujan abu tipis di sekitar barat daya dan utara lereng merapi.

 

Meski terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, namun status Gunung Merapi masih tetap berada di level tiga siaga. Warga di sekitar lereng merapi diimbau untuk tetap tenang namun tetap meningkatkan kewaspadaan. (tuti)

BACA JUGA: Aktivitas Gunung Merapi Meningkat, Satwa Liar Nampak Mulai Turun Gunung



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong