Logo Saibumi

Berjemur di Pagi Hari Apakah Memperkuat Daya Tahan Tubuh? Ini Penjelasannya

Berjemur di Pagi Hari  Apakah Memperkuat Daya Tahan Tubuh? Ini Penjelasannya

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Berjemur di pagi hari kini menjadi aktivitas yang digandrungi masyarakat dari segala kalangan.  Bukan tanpa alasan, semua dilakukan agar bisa menambah imun tubuh.

 

BACA JUGA: Aksi Pencurian Minimarket di Jalan Ryacudu Terekam CCTV

Seperti yang dilakukan warga M. Yunus Ujung, Tanjung Seneng ini, mereka mengungkapkan dengan berjemur bisa menjaga daya tahan tubuh.

 

"Iya saya baca di berbagai media, berjemur bisa menjaga imun tubuh," ungkap Sutrisno kepada saibumi.com, Kamis (12/8/2021).

 

Lantas bagaimana tanggapan medis tentang berjemur?

 

Melansir dari beberapa laman kesehatan,  Manfaat berjemur di pagi hari tidak akan efektif jika dilakukan tanpa memperhatikan hal penting lainnya. Berjemur harus disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Hal ini karena fungsi berjemur adalah mengaktivasi “bahan baku” vitamin D yang ada di tubuh agar berfungsi.

 

Lalu jam berapa baiknya masyarakat melakukan berjemur?

 

Untuk Indonesia yang dekat dengan garis khatulistiwa, sinar UVB yang muncul pada pukul 8.00-10.00 pagi atau pukul 15.00-16.00 sudah cukup untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D.

 

Durasi yang dianjurkan adalah 5-10 menit, sedangkan untuk Anda yang berkulit agak gelap adalah kurang lebih 15 menit. (*)

BACA JUGA: Arteria Dahlan: Kasus Viral Tentang Tabung Oksigen, di Tahun Baru Islam Ini Jadikan Momentum Saling Memaafkan



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong