Logo Saibumi

Motor-mu Hanya dirumah saja? Mending Pakai Standar Tengah/ Standar Dua.

Motor-mu Hanya dirumah saja? Mending Pakai Standar Tengah/ Standar Dua.

Saibumi.com, (SMSI), Bandar Lampung - Selama PPKM, bekerja atau sekolah dari rumah saja mungkin banyak motor yang tidak dipakai dan hanya ditaruh di garasi saja.


Selain harus rajin untuk memanaskan sepeda motor, kita juga harus memperhatikan standar sepeda motor kita lho....

BACA JUGA: Promo Khusus Kemerdekaan Merdeka Meriah


“Nah sebenarnya kalau motor dirumah aja ga dipake mending di standar tengah/ standar dua saja“ ujar Rizal kepala mekanik TDM Metro.


Kita bahas yuk jenis standar sepeda motor. Motor Honda memiliki dua jenis standar atau penyangga, yaitu standar samping dan standar tengah. Kedua jenis standar ini mempunyi manfaat dan kegunaan yang berbeda. Nah kalian sudah tau belum apa sebenarnya bedaannya dan standar jenis manakah yang baiknya digunakan?


Kedua jenis standar dibuat untuk saling melengkapi. Tapi, standar tengah memiliki sejumlah kelebihan. Nah berikut ini kelebihan dari standar tengah atau sering disebut standar dua ini :


1. Motor Honda kesayanagn-mu lebih stabil saat diparkir dan tidak terlalu banyak memakan tempat. Selain itu, jika permukaan lantai tidak rata (menanjak atau menurun), sebaiknya gunakan standar tengah supaya sepeda motor tidak bergeser.

 

2. Jika kamu suka duduk berlama-lama di motormu, standar tengah adalah pilihan yang wajib kamu pakai. Selain lebih kuat, penggunaan standar tengah juga memperpanjang umur ban dan shockbreaker. Karena jika kamu memakai standar samping atau standar satu, beban motor akan ditahan oleh ban dan shockbreaker sebelah kiri saja.


Parkir dengan standar tengah juga membuat oli mesin menjadi merata. Sedangkan ketika menggunakan standar samping, oli akan terkumpul di sebelah kiri mesin.
Apalagi jika motor diparkir terlalu lama. Hal ini menyebabkan mesin sebelah kanan kurang terlumasi dengan baik.


3.Kamu juga bisa menggunakan standar samping dan tengah secara bersamaan, yaitu saat mencuci motor. Caranya, gunakan standar tengah terlebih dahulu. Setelah itu miringkan motor ke kiri hingga standar samping menyentuh permukaan.

 

Posisi ini sangat menguntungkan ketika kamu hendak mencuci bagian bawah motor dan sisa air cucian yang terjebak di dalam bodi akan mudah keluar.
Sudah tau kan untuk keuntungan dari standar tengah, jangan lupa di praktekin di rumah ya.. Stay safe and healthy everyone.(SB05)

BACA JUGA: Intip Tips Biar Ban Tubeless Makin Awet



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong