Logo Saibumi

Di Indonesia 3000 Dokter Terpapar Covid-19

Di Indonesia 3000 Dokter Terpapar Covid-19

Photo: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Jakarta – Sebanyak 3000 Dokter di Idonesia terpapar Covid-19. Hal ini diungkapkan Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Moh. Adib Khumaidi.

"Teman-teman tenaga kesehatan yang terpapar (COVID-19) untuk dokter sudah lebih dari 3000 sebenarnya. Pada Juli ini yang melakukan isoman sebenarnya cukup banyak. Inilah yang kemudian menjadi suatu kewajiban bagi organisasi (membantu), didukung civil society, kita support ini,"  katanya dalam konferensi pers yang digelar IDI, Selasa.

Menurut Adib, tak hanya masyarakat, para tenaga kesehatan juga mengalami kesulitan mendapatkan kebutuhan vitamin hingga obat selama isolasi mandiri.

"Kami mendapatkan antibiotik juga sulit, vitamin pun sulit. Kami berusaha untuk kemudian didukung. Tetapi tentunya kami berharap teman-teman nakes menyampaikan pada kami, sehingga bisa kami support," tutur dia.

Adib menuturkan, IDI berencana berkoordinasi dengan organisasi kesehatan lainnya seperti Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dalam melebarkan gerakan membantu tenaga kesehatan ini.

Tenaga kesehatan yang sedang menjalani isolasi mandiri nanti bisa menghubungi call center 0859106505279, lalu mengisi form yang diberikan tim. Selanjutnya, tim akan memverifikasi data dan melakukan pencatatan via sistem. Paket bantuan nantinya dikirimkan kepada mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Di sisi lain, kepedulian pada tenaga medis ini juga demi menjaga agar tidak ada lagi dari mereka yang harus meregang nyawa di tengah upaya penanggulangan COVID-19.

Data Tim Mitigasi IDI per 17 Juli 2021 mencatat, sudah sekitar 1.323 orang tenaga kesehatan yang gugur akibat COVID-19. (*)

BACA JUGA: Kasus Postif COVID-19 di Lampung Bertambah 581 Orang



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong