Logo Saibumi

Dua Tahun Menanti, Akhirnya Pemkot Yogyakarta Raih Kota Layak Anak Kategori Utama

Dua Tahun Menanti, Akhirnya Pemkot Yogyakarta Raih Kota Layak Anak Kategori Utama

Saibumi.com(SMSI), Jogja - Dua tahun menanti, akhirnya Pemkot Yogyakarta meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Utama, sebelumnya Kota Yogya hanya meraih penghargaan kategori Nindya.

"Dua tahun berturut-turut, 2018 dan 2019, Kota Yogyakarta meraih penghargaan kategori Nindya dan pada tahun ini naik satu tingkat menjadi kategori Utama," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta Edy Muhammad.

BACA JUGA: Cara Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelobang 18

 

Menurut dia, peningkatan prestasi tersebut menunjukkan berbagai upaya yang dilakukan untuk menjadikan Yogyakarta sebagai Kota Layak Anak berjalan dengan baik, yang antara lain ditandai dengan meningkatnya sinergi antara pemerintah dan berbagai elemen masyarakat hingga tingkat terbawah.

 

Dengan sinergi yang baik, kata Edy , upaya untuk memastikan pemenuhan hak anak dan memberikan perlindungan kepada anak bisa berjalan dengan optimal.

 

"Konsep Kota Layak Anak adalah memastikan seluruh anak mendapat perlindungan dan hak-hak mereka terpenuhi di mana pun anak tersebut berada, baik saat di tengah keluarga, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat," katanya.

 

Dia juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memunculkan tantangan dalam upaya pelindungan anak dan pemenuhan hak anak. Kondisi pandemi bisa memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dan kematian orang tua akibat COVID-19 bisa menyebabkan anak terlantar.

 

"Harapannya, sinergi dari elemen di tingkat terbawah di masyarakat mulai dari kampung ramah anak, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), kelurahan, dan elemen lain bisa tetap berjalan optimal," pungkasnya. ( Wawan)

BACA JUGA: Masyarakat Distrik Aimas, Antusias Ikuti Serbuan Vaksinasi TNI AL Wilayah Sorong



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong