Logo Saibumi

BMKG Lampung: Waspada Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Musim Kemarau

BMKG Lampung: Waspada Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Musim Kemarau

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung menghimbau masyarakat untuk mewaspadai kebakaran lahan dan hutan yang berpotensi banyak terjadi selama periode musim kemarau tahun ini.


Menurut BMKG dalam keterangan tertulisnya, berdasarkan data dari satelit LANDSAT8 (LAPAN), tercatat ada 89 titik panas di wilayah Lampung per 28 Juli 2021.

BACA JUGA: Atlet Angkat Besi Indonesia Kembali Sumbang Medali Di Olimpiade Tokyo 2020


"Fase puncak musim kemarau diprediksi terjadi pada bulan Agustus dan September mendatang," tulisnya.


Untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan, penting untuk melakukan pemantauan tinggi air muka gambut. Jika air muka gambut jauh berkurang maka harus ada intervensi menggunakan teknologi baik melalui pompa air ataupun hujan buatan.


Adapun prediksi sifat hujan di wilayah Lampung 3 bulan mendatang dominan berada di atas normal.


"Optimalkan penyimpanan air untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat, selama masih ada persediaan air," jelasnya. (SB.06)

BACA JUGA: Kejari Tulang Bawang Tinjau Ketersediaan Obat Dan Tabung Oksigen Di Kabupaten Tulang Bawang



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong