Logo Saibumi

Eko Yuli Irawan, Lifter Kelahiran Lampung,Sabet Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

Eko Yuli Irawan, Lifter Kelahiran Lampung,Sabet Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

Saibumi.com (SMSI), Tokyo - Lifter putra Indonesia, kelahiran Lampung, Eko Yuli Irawan, berhasil menyabet medali perak dari cabang olahraga angkat besi di Olimpiade Tokyo 2021. 

 

BACA JUGA: Gubernur Lampung Lepas Ekspor Perdana Produk Cokelat Krakakoa ke Singapura

Tampil pada hari Minggu (25/7/2021) siang WIB, Eko Yuli turun di kelas 61 kg, dan berhasil mencatatkan total angkatan 302 kg.

 

Ia mencatatkan total angkatan tersebut melalui percobaan angkatan snatch 137 kg dan usaha clean and jerk seberat 165 kg. Sang Lifter kelahiran 1989 itu harus mengakui kekuatan lifter asal China, Li Fabin, yang meraih medali emas dengan total angkatan 313 kg.

 

Berada di Grup A kelas 61 kg, Eko Yuli berhasil melalui percobaan pada snatch pertamanya. Eko Yuli yang langsung mencoba mengangkat beban 137 kg itu sukses melaluinya dengan sempurna di cobaan pertama.

 

Li Fabin, juga mencoba untuk langsung mengangkat besi dengan berat 137 kg. Namun, Li Fabin justru gagal di percobaan pertamanya dengan angkatan tersebut.

 

Li Fabin baru sukses mengangkat beban 137 kg di percobaan kedua. Sementara Eko Yuli, dia memutuskan untuk langsung mengetes mengangkat beban 141 kg di percobaan keduanya.

 

Sayangnya, saat mencoba mengangkat beban 141 kg, Eko Yuli justru gagal setelah sempat cukup lama mengambil ancang-ancang. Pada percobaan terakhirnya, Eko Yuli lagi-lagi gagal mengangkat beban 141 kg.

 

Alhasil, Eko Yuli harus puas mengakhiri angkatan snatch di angka 137 kg. Dia berada di urutan kedua pada sesi snatch lantaran Li Fabin sukses mengangkat 141 kg di percobaan ketiganya.

 

Pada percobaan terakhirnya, Eko Yuli lagi-lagi gagal mengangkat 177 kg. Alhasil, medali perak menjadi hasil terbaik yang bisa diraih Eko Yuli. Sedangkan Li Fabin di percobaan ketiga, dia juga gagal mengangkat beban 178 kg, namun hasil itu tetap membuatnya berhak membawa medali emas.

 

Dengan begitu, Eko Yuli pun membawa pulang medali perak dari Olimpiade Tokyo 2020. Lalu medali emas menjadi milik atlet China, Li Fabin, dan perunggu diperoleh oleh lifter asal Kazakhstan, yakni Son Igor.(*)

BACA JUGA: Pemerintah Provinsi Lampung ikuti Rapat Pemberlakuan PPKM Level IV bersama Menko Perekonomian



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong