Logo Saibumi

Lansia Rentan Kekurangan Nutrisi, Inilah Asupan Sehat untuk Lansia

Lansia Rentan Kekurangan Nutrisi, Inilah  Asupan Sehat untuk Lansia

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung – Asupan nutrisi sehat pada dasarnya dibutuhkan oleh semua orang. Namun, lansia alias orang yang sudah lanjut usia mungkin harus lebih memperhatikan hal ini. Sebab, lansia adalah kelompok yang cukup rentan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga bisa berdampak pada kekurangan asupan nutrisi. Kalau sudah begitu, kondisi kesehatan lansia bisa ikut terganggu. 

 

BACA JUGA: Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen dan Alkes Kepada Masyarakat Papua

Ada beberapa  faktor yang bisa menyebabkan lansia mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan oleh penurunan indra penciuman dan perasa, tidak lagi mampu mengunyah makanan, masalah pencernaan, hingga kondisi mulut yang mungkin pahit akibat konsumsi obat-obatan. Padahal, asupan nutrisi sehat sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi seseorang juga akan berubah. Pada orang yang sudah lanjut usia, ada beberapa jenis nutrisi yang sebaiknya dipenuhi, di antaranya: 

  1. Vitamin B12  

Asupan makanan yang mengandung vitamin B12 dibutuhkan untuk mendorong pembentukan sel darah merah dan DNA. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini, cobalah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12, seperti ikan, telur, serta susu dan produk susu. 

  1. Kalsium

Asupan nutrisi yang satu ini memiliki peran yang cukup penting untuk tubuh. Salah satu manfaat kalsium yang paling penting adalah membangun dan menjaga kesehatan tubuh, sehingga risiko gangguan tulang pada lansia bisa dihindari.

  1. Vitamin D 

Asupan vitamin D bisa membantu meningkatkan efektivitas kalsium dalam menjaga kesehatan tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, asupan vitamin D juga bisa membantu melindungi tubuh dari risiko beragam penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 1, serta penyakit autoimun.

  1. Magnesium 

Magnesium berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Asupan nutrisi ini bisa membantu menjaga imunitas, kesehatan jantung, serta kekuatan tulang. 

  1. Serat 

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ada beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan serat, di antaranya buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan. 

  1. Lemak Omega-3 

Lansia disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak omega-3. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari asupan nutrisi ini, termasuk menurunkan risiko penyakit rheumatoid arthritis serta memperlambat proses penuaan dan penurunan kemampuan melihat pada lansia. Bahkan, asupan lemak sehat ini juga disebut bisa menurunkan risiko Alzheimer dan menjaga kinerja otak. 

  1. Air Mineral 

Bukan lagi rahasia bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Maka dari itu, konsumsi air putih sangat dibutuhkan dan harus dipenuhi, terutama pada lansia. Kabar buruknya, orang yang sudah berusia lanjut mungkin mengalami penurunan kemampuan dalam merasakan haus. Hal ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Padahal, tubuh lansia tetap membutuhkan cukup banyak asupan air agar kinerja organ selalu terjaga. Untuk menghindari risiko penyakit, usahakan untuk selalu mengonsumsi 8 gelas air atau setara dengan 2 liter air setiap hari. 

BACA JUGA: Lawan Covid-19! Fauzi Motivasi Pendonor Plasma Konvalesen PMI: Kami Siap Antar-Jemput



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong