Logo Saibumi

Nilai CT Pada Tes PCR Tidak Menentukan Kesembuhan Pasien Covid-19

Nilai CT Pada Tes PCR Tidak Menentukan Kesembuhan Pasien Covid-19

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa nilai Cycle Threshold (CT) pada tes PCR mempengaruhi kesembuhan pasien Covid-19. Namun, hal ini dibantah oleh Ikatan Dokter Indonesia.


Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan konfirmasi terkait informasi yang beredar mengenai pengaruh nilai CT tes PCR terhadap kesembuhan pasien Covid-19.

BACA JUGA: Hati-hati, Ini Pertanda Kampas Kopling Motor Matic Menipis


"Tidak ada pengelompokan menurut nilai CT dan nilai CT tidak dapat dibandingkan antar lab," tulisannya melalui unggahan di Twitter Ikatan Dokter Indonesia @PBIDI.


Hal ini dikarenakan, ada perbedaan dalam metode, alat, reagen dan sampel yang dilakukan pemeriksaan. IDI juga menegaskan bahwa nilai CT tidak dapat dijadikan indikator kesembuhan dan berapapun nilainya, jika menunjukkan hasil positif maka pasien harus isolasi.


"Berapapun nilai CT, apabila hasil tes PCR menunjukkan hasil positif, maka harus menjalani isolasi dan berkonsultasi dengan dokter," jelasnya. (SB.06)

BACA JUGA: PPKM Level 4 di Kota Bandar Lampung, Plt. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung, Ambil Langkah Strategis pada Jajaran



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong