Logo Saibumi

Memulihkan Indra Penciuman Akibat Covid-19

Memulihkan Indra Penciuman Akibat Covid-19

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung – Kehilangan kemampuan dalam mencium bebatuan adalah salah satu gejala Covid-19 yang bisanya disertai dengan demam dan batuk yang terus-menerus. Sebagian orang yang kehilangan kemampuan penciuman akan pulih dengan sendirinya setelah sembuh. Tetapi, ada pula yang memerlukan waktu lebih lama.

 

BACA JUGA: Banyak Saldo BPNT Kosong, Aparatur Desa Adakan Rapat Bersama KPM

Dikutip dari Halodoc, salah satu pengobatan yang telah diresepkan oleh dokter adalah rangkaian obat kortikosteroid untuk menurunkan peradangan dalam tubuh, namun obat ini memiliki efek samping bila diberikan kepada penyintas yang kehilangan penciuman sehingga tidak direkomendasikan.

 

Efek samping dari penggunaan steroid bagi penyintas yaitu retensi cairan, tekanan darah tinggi, dan masalah dengan perubahan suasana hati serta perilaku. Untuk mengatasi kehilangan penciuman ini, maka diperlukan terapi penciuman seperti yang disarankan oleh International Forum of Allergy & Rhinology.

 

Cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan kemampuan membaui setelah sembuh dari Covid-19 yaitu dengan berlatih mencium aroma sesuatu yang familiar. Contohnya adalah aroma buah jeruk, aroma mint, bawang putih, kopi, jahe atau cengkeh. Membaui aroma tersebut selama dua kali sehari dapat melatih otak untuk mengenali bau yang berbeda sehingga bisa membantu mempercepat pemulihan indra penciuman. (SB.06)

BACA JUGA: Politeknik Kesehatan Tanjung Karang Gelar Vaksin Gratis



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong