Logo Saibumi

Motor Lama Ga Dipakai Karena WFH, Aki Harus Dicopot?

Motor Lama Ga Dipakai Karena WFH, Aki Harus Dicopot?

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Masa pandemi saat ini membuat motor-motor akhirnya banyak diistirahatkan, karena pemiliknya membatasi kegiatan di luar rumah. Apakah Anda salah satunya? Kalau bukan salah satunya pun, ga rugi kok, membaca artikel ini.

 

BACA JUGA: Si Jago Merah lahap 1 Bengkel, 5 Rumah Warga Kena Imbas di Lempasing

Ada yang berpendapat, motor yang sudah lama tidak dipakai, sebaiknya akinya dicopot saja. Namun ada pula yang percaya sebaliknya: tidak perlu melepas aki meski motor terparkir diam saja di rumah. Jadi, mana yang sebaiknya diikuti? Kabel Aki Sebaiknya Dicopot Kalau Motor Lama Tidak Dipakai


Ya, Anda sekarang sudah menemukan jawabannya. Jika motor memang berencana tidak dipakai dalam waktu cukup lama, sebaiknya Anda melepas kabel konektor aki. Sebab, meski mesin dalam keadaan mati, komponen kelistrikan pada motor masih bisa menyedot arus dari aki maupun baterai. Lama-lama, aki malah jadi soak.

 

Nah, untuk melepas kabel aki ini dan memasangnya kembali, ada hal-hal yang sebaiknya Anda ikuti, sebagai berikut ini.


• Mulailah melepas kabel konektor kutub negatif. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan di bagian kelistrikan motor. Melepaskan kabel konektor kutub positif terlebih dahulu, berisiko menimbulkan korsleting, yang akhirnya malah merusak banyak komponen.

 

• Secara penampakan, Anda bisa membedakan kutub negatif dan kutub positif pada aki dengan mudah. Sebab biasanya, kutub positif ditutup karet merah.
• Ketika hendak memasangnya kembali, lakukan langkah yang berlawanan.


Pasang kabel positif pertama kali, sebelum kabel negatif. Sebisa Mungkin Tetap Panaskan Motor Meski Anda tidak lagi sering memakai motor untuk bepergian di masa pandemi saat ini, jangan lupa untuk memanaskannya setiap hari. Bahkan sebenarnya, memanaskan motor seminggu sekali pun tak jadi soal.


Mengapa memanaskan motor ini penting? Sebab ketika Anda memanaskan mesin motor, aki mendapatkan daya listrik dan menyimpannya, yang akhirnya kelak bisa digunakan sebagai tenaga untuk menyalakan mesin. Bagaimana kalau motor harus ditinggal mudik, misalnya, yang memakan waktu tidak sebentar.


Menitipkannya pada orang tepercaya seperti sahabat maupun kerabat dekat, bisa menjadi pilihan. Jangan lupa meminta bantuan untuk memanaskan mesin motor.
Jadi bila saatnya tiba akan digunakan kembali, mesin motor pun ga ngambek, karena jarang dipanaskan. Tambah Irvan - Service Advisor Ahass TDM Honda Sidomulyo.(SB05)

BACA JUGA: Kejati Lampung Adakan Donor Darah Dan Vaksin Gratis



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong