Logo Saibumi

Meski Bikin Lampu Motor Tambah Terang, Cara Ini Tidak di Sarankan Oleh Astra Motor Natar

Meski Bikin Lampu Motor Tambah Terang, Cara Ini Tidak di Sarankan Oleh Astra Motor Natar

Saibumi.com (SMSI), Natar - Selalu ada trik ‘sulap’ untuk membuat lampu motor lebih terang. Trik ini sebenarnya tidak disarankan, karena tidak disarankan pabrikan. Beberapa di antaranya adalah mengganti lampu motor dengan spek yang lebih tinggi, serta menggunakan dioda pada fitting lampu.


Jika memilih lampu dengan spek di atas bawaan pabrikan bisa boros daya listrik atau malah membuat lampu meredup, pemakaian dioda di fitting lampu juga membawa dampak negatif. Apa saja dampak negatifnya yang penting untuk Anda ketahui?

BACA JUGA: Kanwil Lampung Lanjutkan Monev Capaian Perjanjian Kinerja Tahun 2021 pada Lapas Se-Provinsi Lampung


Dampak negatif pemasangan dioda pada dudukan lampu
Jika Anda teringat dengan praktikum semasa sekolah dulu, pemasangan dioda pada fitting atau dudukan alias soket memang bisa membuat lampu berpendar semakin terang. Begitu pula kalau cara ini diterapkan pada headlamp motor.
Tapi, ada tapinya.


Jangan keburu penasaran dan mencobanya. Soalnya, ada dampak negatif yang muncul jika Anda memasang dioda pada fitting lampu, dengan harapan membuatnya semakin terang. Ini dia dampak negatifnya.” Ucap Devi Anggraeani selaku WSP


1. Memicu korsleting
Kehadiran dioda pada fitting lampu seakan-akan memanipulasi fungsi saklar. Maksudnya, saat Anda menyalakan lampu jauh, maka lampu dekat pun ikut menyala. Jadi kesannya, lampu menyala lebih terang. Kemungkinan lainnya, lampu dekat malah bisa mati ketika lampu jauh dinyalakan.


Nah, jadi kalau pemasangannya kurang pas, lampu dekat dan lampu jauh jadi bisa ‘terbalik’. Kondisi ini pun berisiko memicu korsleting dan membuat soket terbakar.


2. Memperpendek usia bohlam
Dampak negatif lain dari penggunaan dioda di fitting lampu adalah membuat usia bohlam jadi pendek. Meski lampu motor kesayangan Anda seakan-akan jadi lebih terang, bohlam sebenarnya jadi lebih gampang putus.
Langkah yang disarankan untuk membuat lampu motor lebih terang
Jadi, pemakaian dioda pada fitting lampu motor itu haram hukumnya.


Apabila ingin membuat lampu lebih terang, Anda bisa mencoba memakai bohlam LED atau bohlam aftermarket. Yang lebih aman lagi, gunakan bohlam lampu sesuai spek bawaan pabrik.
Lakukan juga hal-hal ini ketika ingin mengganti lampu motor.

 

• Perhatikan arus kelistrikan
• Jangan asal beli lampu
• Pastikan soket lampu sesuai
Setelah tahu risiko pemakaian dioda pada fitting lamp, jangan coba-coba trik yang berdampak negatif tersebut ya! Sebaliknya, lakukanlah rekomendasi yang disarankan.(SB05)

BACA JUGA: Hari Kedua PPKM Darurat Bandar Lampung, Sejumlah Jalan Masih Ditutup



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong