Logo Saibumi

BBPOM Lampung: Obat Herbal Untuk Covid-19 Sampai Sekarang Belum Ada

BBPOM Lampung: Obat Herbal Untuk Covid-19 Sampai Sekarang Belum Ada

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Lampung menyatakan bahwa sampai saat ini, obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati Covid-19 belum ditemukan.

"Untuk obat herbal yang digunakan untuk mengobati Covid-19 sampai sekarang belum ada," ujar Kepala Bidang Infokom BBPOM Lampung, Drs. Zamroni Apt. saat diwawancarai oleh saibumi.com. Kamis, (24/06).

BACA JUGA: Wisata Menara Masjid Al-Furqon Sudah Diresmikan, Masyarakat Harus Bersabar Belum Dibuka Untuk Umum

Menurutnya, Badan POM selaku instansi pemerintah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya mendukung pelaku usaha dalam pengembangan fitofarmaka.

"Untuk penelitian fitofarmaka sebagai obat Covid-19 dilakukan oleh pelaku usaha. Untuk ijin edar dikeluarkan oleh Badan POM," jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa fitofarmaka adalah produk yang mengandung bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik serta bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi.

"Fitofarmaka ada banyak, seperti stimuno, imboost, tensigard, Xgra, nodiar dan lain-lain," katanya. (SB.06)

BACA JUGA: Terima Audiensi KNPI, Dandim Ajak Pemuda rubah Image Negatif Lampung Timur



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong