Logo Saibumi

Menciptakan Pembelajaran Online menarik dan Interaktif Bukanlah Sebuah Hambatan Bagi Pendidik di Masa Pandemi.

Menciptakan Pembelajaran Online menarik dan Interaktif Bukanlah Sebuah Hambatan Bagi Pendidik di Masa Pandemi.

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pandemi bukan sebuah hambatan untuk terus bereksplorasi.


Sejak adanya pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia, banyak perubahan yang terjadi dalam roda kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: Bersama Masyarakat, Kodim Bojonegoro Cor Masjid Roudhotul Jannah Sumberoto Kepohbaru


Kehidupan new normal merupakan istilah yang dipakai oleh masyarakat untuk menunjukan sebuah kebiasaan kehidupan normal yang baru.


Hal tersbut diantaranya adalah memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.

 

Perubahan juga terjadi pada proses pendidikan di Indonesia. Seringkali kita mendengar istilah online learning atau pembelajaran dalam jaringan (daring).

 

Istilah tersebut merujuk pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan tidak melakukan tatap muka langsung melainkan melalui platform khusus yang dapat diakses sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana. Pelaksanaan pembelajaran daring dalam era new normal ini tentunya memiliki banyak hambatan dan tantangan.


Tidak sedikit masyarakat mengeluh akan keefektifan pembelajaran daring khususnya wali peserta didik yang memiliki anak dalam tahap sekolah dasar. Selain itu, peserta didik pada tahap menengah pun memiliki keluhan dalam pembelajaran daring seperti merasa bosan dikarenakan lelah menatap layar laptop atau smartphone, pembelajaran sulit dipahami serta tidak dapat bertemu dan berbagi bersama teman secara langsung.

 

Permasalahan tersebut memantik para pendidik untuk mengeksplorasi kemampuan profesionalisme mereka untuk tetap memberikan pembelajaran yang bermakna dan efektif.


Berbagai jenis webinar atau pelatihan pun tak jarang diikuti oleh para guru untuk meningkatkan skill pengajaran khususnya mengenal beberapa platform yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Tentunya hal tersebut diharapkan mampu menciptakan nuansa pembelajaran yang menarik dan interaktif serta peserta didik dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru.


Sehingga pembelajaran daring dapat tetap terlaksana sampai masa pandemi berakhir.

 

Menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat dilakukan dengan didasari pengetahuan terkait media apa saja yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Dalam hal ini, persiapan media video conference perlu di tentukan sebagai ruang kelas untuk proses pembelajaran diantaranya yang dapat kita manfaatkan adalah zoom meeting, google meet, microsoft teams dan lainnya. Umumnya setiap sekolah sudah menentukan platform apa saja yang mereka gunakan dalam menjalankan kegiatan pelajaran.


Selanjutnya pengetahuan guru terkait media pembelajaran yang menarik pun perlu diperhitungkan karena hal ini dapat meningkatkan motivasi dan minat peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.


Contoh media presentasi yang dapat digunakan secara online dan memiliki template menarik adalah prezi dan slidesgo.


Selain itu kita dapat menggunakan nearpod sebagai media penampil presentasi yang memiliki feature menarik dan interaktif untuk proses pembelajaran.

 

Apakah dalam pembelajaran daring guru tidak diperkenankan memberi tugas? Tentunya jawabannya tidak.


Guru tetap diperkenankan memberikan tugas sebagai bahan evaluasi namun tugas diberikan dalam porsi yang tidak begitu banyak. Tugas yang diberikan kepada peserta didik pun harus interaktif dan tidak memberatkan peserta didik dalam pengerjaannya.


Contoh platform pembuatan lembar kerja peserta didik yang menarik dan interaktif adalah liveworksheet. Dengan desain lembar kerja yang menarik serta tugas yang ringan dan bervariatif tentunya akan menambah semangat belajar peserta didik.


Dalam proses pembelajaran daring yang waktu pelaksanaanya singkat, sebagai guru juga dapat memberikan permainan edukasi agar pembelajaran menjadi menarik.


Beberapa contoh permainan edukasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah educandy, kahoot, quizzis, word wall. Dengan kegiatan relaksasi yang diberikan melalui permainan peserta didik akan memiliki pengalaman yang begitu mengesankan dalam mengikuti pembelajaran sehingga rasa bosan yang sebelumnya dialami akan hilang dan semangat belajar pun akan terbentuk.

Dengan demikian guru yang mampu mengeksplorasi diri demi menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif akan membuat peserta didik tidak menghilangkan proses pembelajran yang merupakan tugas utama mereka.


Peserta didik akan merasa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran dan materi yang disampaikan pun dapat diterima dengan baik. Sehingga proses pembelajaran dalam keaadaan pandemi dapat terus berlangsung meskipun tidak melakukan tatap muka langsung dan prestasi peserta didik dapat terus ditingkatkan.


Pandemi bukan sebuah akhir dari proses pembelajaran namun pandemi merupakan sebuah tantangan bagi pendidik dan peserta didik dalam menjalankan misi mencerdaskan kehidupan bangsa.(SB05)

 

penulis artikel : Jaula Septi Ardini

BACA JUGA: Koramil 0813-17/Kalitidu Bojonegoro Bersama Forkopimcam Gelar Kerja Bakti



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong