Logo Saibumi

Warga Pekon Wates Lampung Barat, Cari Napkah Berjualan, Berjalan Kaki Hingga Sepuluh Kilo

Warga Pekon Wates Lampung Barat, Cari Napkah Berjualan, Berjalan Kaki Hingga Sepuluh Kilo

Saibumi.com (SMSI), Lampung Barat - Tidak memiliki kebun dan sawah Sumyati warga Pekon Wates Kecamatan Balikbukit Lampung Barat, terpaksa berkeliling menjual sejumlah makanan ringan seperti, kacang rebus dan empek-empek dan itupun hasil kerjasama menjual dagangan orang lain.

Sumyati, saat berjualan terkadang berjalan kaki dari rumahnya yang menempuh jarak lebih kurang 10 kilo meter, sambil menjajakan jualannya hingga sampai di pusat perkantoran Pemkab Lambar.

BACA JUGA: Kemenag Bandarlampung Sosialisasikan KMA 660/2021 Terkait Pembatalan Haji 2021 Kepada 20 Kepala KUA

"Jualan ini milik tetangga dekat rumah, saya ngambil untung dari ujung hasil penjualan, seperti jula kacang rebus dijual Rp10 per kilo mendapat keuntingan Rp1.500 dari perkilonya. Jadi kalau habis semua jualan yang dibawa saya mendapat keuntungan Rp60 ribu," kata dia.

Lanjut dia, pihaknya bersukur dengan berjualan meskipun hasinya tidak seberapa, karena bisa menghidupi keluraga, terutama untuk mencari makan.

"Cukup tidak cukup ya dicukup-cukupin aja mas, karena saya gak ada pekerjaan lain, kebun tidak ada sawah juga tidak ada, jadi semuanya dari sini, baik untuk anak sekolah dan untuk makan sehari-hari," kata dia.

Ditanya terkait adanyan bantuan dari pemerintah, baik Pusat Kabupaten maupun Pekennya, sumyati mengaku tidak satupun bantuan yang diterimanya, meskipun sudah pernah menanyakan hal itu kepada peratin setempat.

"Saya pernah nanya ke Perangkat Pekon, kalau saya tidak mendapat bantuan apapun, tetapi karena ibu saya dapat jadi saya tidak bisa mendapatkan juga bantuan itu, ya saya iklasin saja mas, saya tetap semangat mencari napkah meskipun tidak ada bantuan dari pemerintah," kata dia.(*)

Laporan Reporter Saibumi.com: Edi Saputra

BACA JUGA: 35 Peserta CASN Kejaksaan RI Di Wilayah Kejati Lampung Ikuti Pelatihan Teknis Administrasi Kejaksaan



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong