Logo Saibumi

Penyebab Mesin Motor Gemeteran Saat di Ajak Jalan

Penyebab Mesin Motor Gemeteran Saat di Ajak Jalan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pernah negarasain gemeteran waktu jalan bareng gebetan? Anda pasti sudah tahu sendiri penyebabnya. Entah itu grogi, belum makan, atau lagi tanggal tua.


Nah, bagaimana jadinya kalau mesin motor kesayangan Anda yang gemeteran waktu dipakai jalan? Anda tidak perlu menjadi teknisi motor terlebih dahulu untuk mengetahui akar permasalahan yang membuat mesin bergetar.
Menurut Suroso, Kepala Bengkel AHASS Astra Motor Imam Bonjol mengatakan, penyebab mesin motor bergetar it uada beberapa faktor.

BACA JUGA: Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet, Yuk Intip Tipsnya


Mesin motor yang bergetar dengan parah bisa sangat mengganggu. Sebab, kondisi ini dapat membuat tangan Anda kesemutan. Badan pun akan menjadi gampang capek waktu mengendarai motor.


Faktor-faktor tersebut yaitu :
Bandul kruk yang tidak seimbang
Kemungkinan pertama yang membuat mesin motor bergetar parah adalah putaran bandul kruk as yang sudah tidak seimbang lagi. Karena kondisinya yang tidak seimbang, putaran kruk as ini tidak normal.


Nah, putaran yang tidak normal ini akhirnya membuat mesin motor bergetar parah. Biasanya, putaran kruk as menjadi tidak normal karena motor sering jatuh. Selain itu, lupa ganti oli mesin pun bisa jadi biang keroknya. Apalagi kalau oli dibiarkan sampai kering.

 

Kondisi velg
Selain putaran bandul kruk as yang tidak normal, kondisi velg pun ternyata mampu membuat motor bergetar parah.


Biasanya ini dialami ketika motor digeber pada kecepatan tinggi. Memang, kalau kasusnya seperti ini, getaran bukan berasal dari mesin, melainkan setang hingga ke jok. Kondisi velg lah yang mesti dicek. Velg dengan model palang, harus menjalani pemeriksaan keseimbangan setiap 10.000 kilometer.


Jika tidak, motor akhirnya bergetar dan bahkan menjadi tidak stabil hingga 50 persen.
“Nah, komponen ini harus dicek dan disetel atau di-balancing ulang secara rutin. Pastikan titik balance ada di angka 10, masing-masing untuk outer dan inner” tutup Suroso.(SB05)

 

BACA JUGA: Info Astra Motor Natar; Motor Lama Gak Dipakai, Apakah Aki Harus Dicopot



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong