Logo Saibumi

Penolakan Kerjasama Fasilitas Kesehatan Oleh BPJS Mendapat Tanggapan dari Hi. Erwansyah anggota DPRD Kota Bandar Lampung

Penolakan Kerjasama Fasilitas Kesehatan Oleh BPJS Mendapat Tanggapan dari Hi. Erwansyah anggota DPRD Kota Bandar Lampung

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Klinik) Saibumi yang dalam kurun waktu satu tahun terakhir sudah melengkapi persyaratan kerjasama dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bandar Lampung, ditolak dengan dalih rasio.

Surat Penolakan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung No.681/XIII-05/0521 tertanggal 24 mei 2021.

BACA JUGA: Promo Servis, Ahass NSS Pringsewu Beri Oli Gratis


1.Jarak antar fasilitas kesehatan kerjasama : jumlah FKTP dikecamatan Sukabumi yaitu 9 FKTP terdiri dari Pusat Way laga, Puskesmas Sukabumi, Puskesmas campang, klinik satria Medika, dr.TA. Larasati. dr. Leni.SH.dr.Ronal Budyantara, dr.Melda Dasepta, dan dr. Rosdiana Sitanggang, dengan jumlah dokter umum berjumlah 19 orang.

2. Rasio Ideal kecukupan FKTP :

Rasio dokter dan peserta JKN pada Kecamatan Sukabumi domisili Klinik Saibumi yaitu : 1: 1860 dimana Ratio Ideal diangka 1 : 5000 sehingga belum ada penambahan untuk FKTP yang baru.

 

Donny Irawan selaku Pimpinan Klinik Saibumi, yang juga mantan anggota DPRD Lampung merasa sangat kecewa dengan keputusan dari BPJS Kesehatan, persyaratan kerjasama yang diajukan dari setahun yang lalu dengan surat izin yang sudah dibuat , dan harus merubah semua surat surat izin dari klinik Utama menjadi klinik Pratama hanya sia sia.

 

"Seharusnya bila alasan tentang Rasio, semestinya dari satu tahun yang lalu pengajuan kerjasamanya ditolak saja," ungkapnya.

Dan juga disaat Pandemi Covid-19 jangan mengorbankan rakyat yang butuh layanan kesehatan dengan alasan Ratio, bangsa kita dan semua tempat fasilitas kesehatan, dokter, perawat, bidan, petugas pendukung lainya, pelayan kesehatan semua pernah mengalami terserang Covid 19, mempertaruhkan Nyawa dalam tugas sehari hari melayani pasien.

Dokter kami dan perawat pernah mengalami itu semua dan bersyukur sembuh. Jadi BPJS saat ini jangan bicara Ratio tapi bicara KEMANUSIAAN.


Terlebih di kecamatan Sukabumi kebanyak Puskesmas dan dokter, fasilitas tersebut waktu kerjanya terbatas mereka buka Praktek pagi sampai dengan sore dan Minggu tutup, sementara kami buka dari pagi 8.00 wib - Malam jam 21.00 wib. Minggu dan hari besar pun klinik kami buka, karena kami tahu dimasa Pandemi Covid 19 , masyarakat butuh layanan Kesehatan dan harus dilayani cepat.

 

Ditempat terpisah Hi. Erwansyah Anggota DPRD Kota Bandar Lampung dari Fraksi PAN yang sekaligus wakil ketua Komisi II memberikan tanggapan atas Penolakan kerjasama Fasilitas kesehatan oleh BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung pada Klinik Saibumi.


Beliau menyampaikan pada Reporter Saibumi.com '' Hal ini sangat disayangkan seharusnya BPJS bisa memberikan Peluang yang seluas - luasnya, untuk kepentingan masyarakat dalam hal layanan kesehatan, terutama disaat masa Pandemi Covid-19 ini. Layanan kesehatan seperti Puskesmas yang ada di Kecamatan Sukabumi waktu kerjanya terbatas, bagaimana bila warga masy butuh layanan kesehatan di malam hari atau hari libur atau hari Minggu , hari besar, tentunya Puskesmas Tutup dan dokter yang berpraktek juga juga tutup, dan disini ada klinik Saibumi yang mereka siap, setiap hari buka sampai malam hari tentunya ini Khan baik.


Jadi rasanya BPJS jangan bicara aturan Ratio tetapi juga harus mengedepankan kepentingan rakyat. Dan BPJS jangan bicara Ratio, jangan bicara keuntungan , jangan Pemerintah berbisnis pada rakyatnya, ini bisa jadi salah dan ini pelanggaran aturan.

Saya berharap Keputusan Penolakan untuk dikaji ulang , demi untuk kepentingan rakyat yang lebih luas.


Penolakan ini berimbas pada masyarakat di sekitar klinik Saibumi, masyarakat tidak bisa mendapatkan layanan BPJS Kesehatan, harus mencari RS/klinik / Puskesmas yang lebih jauh, sementara orang sakit harus dilayani dengan baik dan cepat tidak bisa menunggu besok , terlebih dimasa Pandemi Covid -19. Papar Erwansyah, dan kebetulan saya tinggal tindak jauh dari klinik Saibumi, jadi saya tahu betul kebutuhan masyarakat saya.


Kesehatan masyarakat itu sudah menjadi tanggung jawab bersama dan kepada BPJS bagi Peserta yang sudah dipungut biaya setiap bulannya. Masyarakat wajib mendapat layanan prima, Dimanapun wajib dilayani. " ucapnya.

BACA JUGA: Berantas Kejahatan di Lampung, Polisi Buru Pelaku Hingga Ke Sumatera Utara



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong