Logo Saibumi

Melihat Sekaligus Belajar Warisan Budaya Di Museum Lampung

Melihat Sekaligus Belajar Warisan Budaya Di Museum Lampung

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung merupakan sebuah institusi yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan, merawat, meneliti, mengkomunikasikan dan menyajikan warisan masyarakat Lampung berupa benda dan bukan benda dengan tujuan pendidikan maupun kesenangan.

Menurut buku panduan yang diberikan, UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung hingga tahun 2019 telah memiliki 4.754 buah koleksi yang terdiri dari etnografika, numismatika dan heraldika, arkeologika, filologika, kramologika, historika, biologika, geologika, teknologika dan seni rupa.

BACA JUGA: Covid-19 Menyebabkan Banyak Orang Banting Setir Jadi Pedagang Online

Gedung Pameran UPTD Museum Negeri Provinsi Lampung memiliki luas sekitar 1.500 meter persegi yang terbagi menjadi 2 lantai. Lantai pertama di ruang sisi sebelah kiri terdapat koleksi kekayaan alam serta flora dan fauna Lampung. Selain itu, terdapat pula koleksi masa Prasejarah.

Untuk ruangan lantai 1 sebelah kanan terdapat bukti-bukti sejarah masuknya pengaruh Hindu-Buddha, Islam, masa kolonial di Lampung dan hubungan perdagangan di masa itu.

Di lantai 2 sebelah kiri terdapat aneka koleksi adat budaya masyarakat Pepadun dan di sisi kanan merupakan adat masyarakat Saibatin mulai dari kelahiran hingga kematian.

Berdasarkan penuturan Prio Suseno selaku salah satu petugas kepada Saibumi.com menunjukkan bahwa saat ini Museum Lampung mengalami penurunan pengunjung. Hal ini disebabkan oleh Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini.

"Museum mulai buka jam 8 pagi. Biasanya sebelum pandemi, Museum buka sampai jam 2 siang, sekarang jam 12 sudah tutup. Memang pengunjung menurun separuhnya. Dulu parkir sampai tidak muat," katanya.

Prio juga mengatakan bahwa saat libur lebaran tahun ini, Museum Lampung tetap di buka sehingga pengunjung dapat menikmati koleksi yang ada. Namun, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (SB.06)

 

BACA JUGA: Anggota DPRD Yusirwan : Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung Mulai Berangsur Menurun



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong