Logo Saibumi

Pendapatan Pedagang Kecil yang Tidak Kunjung Akur Dengan Covid-19

Pendapatan Pedagang Kecil yang Tidak Kunjung Akur Dengan Covid-19

Saibumi.com (SMSI), OPINI - Sudah 2 tahun, sejak awal pandemi Covid-19 menyebar hampir di seluruh dunia. Virus yang menyerang sistem imun dan pernafasan pada manusia masih menjadi perhatian utama dari berbagai aspek, mulai kalangan Pejabat Negara, Akademisi hingga Rakyat biasa sampai saat ini.

Dikutip dari Data Worldometers pada Selasa (6/4/2021) pagi pukul 9.00 WIB angka positif COVID-19 dari seluruh dunia yang terkena wabah ini telah mencapai 132.402.668 kasus, terdapat tambahan 468.105 kasus baru dalam sehari terakhir. Angka kematian global hingga saat ini tercatat sebanyak 2.873.247 jiwa dan jumlah ini diperoleh setelah ada penambahan 7.255 orang meninggal dunia dalam waktu 24 jam terakhir. Pasien yang dinyatakan sembuh adalah sebanyak 106.686.913 orang dan masih menyisakan 22.842.508 kasus aktif pada hari ini.

BACA JUGA:

Tak hanya angka kasus pasien positif, Covid-19 juga berdampak bagi pendapatan pedagang, wirausaha mikro dan masyarakat berpendapatan menengah kebawah.  Contohnya saja, penjual bakso di pinggir jalan. mereka mengalami penurunan pendapatan hampir 70% dari omset harian mereka akibat covid-19 ini.

Salah satu faktor yang membuat omset mereka terjun bebas tidak lain karena orang takut untuk membeli dengan alasan tidak steril dan besar nya kemungkinan penularan virus itu sendiri. Bahkan banyak juga dari kalangan wirausaha, maupun masyarakat kecil yang mengeluhkan akibat pandemi ini. berbagai upaya juga sudah dilakukan para pedagang seperti memiliki pekerjaan sampingan yang dapat menambah pendapatan mereka, namun tetap saja pengeluaran malah bertambah. apalagi bagi masyarakat kecil yang mungkin pekerjaannya serabutan tentu sangat merugikan. Tak hanya dari segi ekonomi saja, namun masih banyak lagi dampak yang diakibatkan dari pandemi ini baik itu dari segi kesehatan, pendidikan, dsb.

 

Tulisan Kiriman Dari :

Dienovita Arifka Putri

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Prodi Ekonomi Manajemen

BACA JUGA:



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong