Logo Saibumi

Literasi Digital di SMA Kabupaten Bengkulu Selatan Ajak Pelajar Cintai Produk Dalam Negeri

Literasi Digital di SMA Kabupaten Bengkulu Selatan Ajak Pelajar Cintai Produk Dalam Negeri

Saibumi.com (SMSI), Bengkulu - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan seluruh siswa/siswi SMA di Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan literasi digital Sektor Pendidikan.

 

Kegiatan secara nonton bareng (nobar) ini mengangkat tema “Yuk, Cintai Produk Dalam Negeri” dan akan digelar pada Kamis (25/5) pukul 09.00-11.00 WIB, berlokasi di SMAN 1 Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Terdakwa Prof Karomani Divonis 10 Tahun Penjara 

 

Kegiatan literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman, yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

 

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan dimana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial.

 

Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat.

 

Hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5. Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik.

 

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” katanya melalui virtual.

 

Dalam kegiatan nobar yang menyasar target segmen pelajar ini, rencananya akan diisi oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni narasumber Arief Rama Syarif (Founder - Yayasan Komunitas Open Source), narasumber lain Dwi Putriyanti, S.Pd (Guru SMA N 01 Bengkulu Selatan), kemudian bersama Key Opinion Leader (KOL) Vean Mardhika (Influencer), serta Siti Kusherkatun, S.Pd.I (Asih) sebagai juru bahasa isyarat, dipandu oleh pembawa acara (MC) Tari Septiani dan dipandu moderator Sonaria.

 

Kegiatan nobar ini akan memperbincangkan tentang mencintai produk dalam negeri. Indonesia sebagai negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah seharusnya memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global. Namun, kenyataannya masih banyak produk dalam negeri yang kurang mendapat perhatian dari masyarakat dan seringkali kalah bersaing dengan produk impor.

 

Selain itu, perkembangan teknologi juga dapat membantu meningkatkan kualitas dan daya saing produk dalam negeri. Pemerintah dan pelaku industri perlu terus mendorong pengembangan teknologi dan inovasi untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global.

 

Selain itu, edukasi kepada masyarakat juga sangat penting dalam mencintai produk dalam negeri. Masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya membeli produk dalam negeri, baik dari segi perekonomian maupun pelestarian budaya Indonesia. Pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan pelaku industri perlu bekerja sama untuk mengadakan kampanye dan program edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencintai produk dalam negeri.

 

Dengan mencintai produk dalam negeri, kita dapat membantu memperkuat perekonomian Indonesia, mendukung perkembangan industri dalam negeri, dan melestarikan budaya Indonesia yang kaya akan keanekaragaman. Mari kita mulai dari hal-hal kecil seperti memilih produk dalam negeri saat berbelanja dan memperkenalkan produk-produk dalam negeri kepada orang lain. Dengan cara ini, kita dapat bersama-sama membangun negeri ini menjadi lebih maju dan mandiri.

 

Untuk mengikuti kegiatan ini, peserta hanya perlu melakukan pendaftaran melalui tautan berikut https://s.id/pend_bengkulu2505.

 

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan di Provinsi Bengkulu merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.

 

Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui website: literasidigital.id (https://literasidigital.id/)

 

Akun media sosial Instagram: @literasidigitalkominfo (https://www.instagram.com/literasidigitalkominfo/)

 

Facebook Page: Literasi Digital Kominfo/@literasidigitalkominfo (https://www.facebook.com/literasidigitalkominfo),

 

Youtube: @literasidigitalkominfo (https://www.youtube.com/@literasidigitalkominfo). (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Terdakwa Prof Karomani Divonis 10 Tahun Penjara 

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA