Logo Saibumi

Jurus Jitu Membangun Konten SEO untuk Bisnis Online

Jurus Jitu Membangun Konten SEO untuk Bisnis Online

saibumi.com (SMSI), Di era digital sekarang ini, SEO adalah salah satu pilar dalam mengembangkan bisnis online. Lantas, bagaimana cara membangun konten SEO untuk bisnis online? Simak penjelasan lebih lanjut lewat artikel berikut ini. 

Seperti kita tahu, mesin pencari adalah alat untuk mengakses segala hal informasi yang dibutuhkan orang di internet. Di sisi lain, para pemilik situs menginginkan halaman mereka muncul di daftar hasil pencarian di mesin tersebut. 

Meski akhirnya tetap muncul namun berada di halaman-halaman akhir, maka tidak akan gunanya. Sebab, mayoritas pengunjung internet akan tertahan pada halaman awal hasil pencarian. Semakin situs Anda berada di halaman belakang, maka semakin kecil pula potensi kunjungan yang datang. 

BACA JUGA: Oknum PNS Dinkes Pesawaran yang 'Seruduk' Pedagang Dilaporkan Ke Polisi 

Maka, sangat penting untuk menciptakan konten yang ramah terhadap mesin pencarian. Nah, konten tersebut adalah SEO atau Search Engine Optimization. Termasuk dengan dukungan unsur lain seperti tautan dari satu website menuju website lain, atau disebut Backlink.

“Mesin pencari seperti Google dan Bing menggunakan bot agar dapat menjelajah halaman di web, kemudian berpindah dari satu situs ke situs lain, termasuk mengumpulkan informasi tentang halaman tersebut, lalu memasukkannya ke dalam indeks,” dikutip dari Search Engine Land.

Singkatnya, Anda harus menciptakan konten dengan kaidah SEO, agar dapat muncul di halaman awal mesin pencarian. 

Di dalam bisnis digital, pemanfaatan konten SEO amat dibutuhkan untuk mendongkrak keberadaan bisnis itu sendiri, dan membangun brand awareness. Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun konten SEO, berkaitan dengan pengembangan bisnis.

Pahami Kemauan Pengunjung

Walaupun Anda bekerja untuk memastikan mesin pencari mengenali situs Anda, namun bagaimana tetap manusia yang akan melakukan pencarian. Maka, Anda harus mengerti keinginan dan preferensi orang yang ingin mendapatkan informasi lewat mesin pencarian. 

Mengapa Anda harus melakukan hal demikian? Sebab orang ingin mendapatkan solusi atau jawaban dari hal yang mereka cari. Jika Anda bisa menjawab kebutuhan mereka, maka sudah pasti mereka akan senang dan cenderung akan kembali ke situs Anda. 

Lakukan Riset Kata Kunci

Dalam proses pencarian, mesin pencari kemudian akan bekerja dan memperlihatkan hasil berdasarkan kata kunci yang dituliskan oleh pengunjung lewat kotak pencarian. Maka, sangat penting untuk memahami tentang kata kunci ini.

Apabila sebuah situs tidak memuat informasi tentang sebuah kata kunci, maka mesin pencari tidak akan memperlihatkan situs tersebut pada halaman hasil pencarian. 

Menulis untuk Manusia

Pembaca konten adalah manusia. Maka, Anda juga harus menulis konten untuk mereka. Meski ada banyak kaidah tentang metode penulisan SEO, namun menulis dengan tujuan agar nyaman dibaca adalah hal yang penting. Sebab, pengunjung harus bisa memahami apa yang Anda tulis dengan mudah. 

Di sisi lain, mesin pencari juga sudah semakin memahami seperti apa artikel yang baik. Maka, ingatlah agar menulis untuk manusia, bukan mesin. 

Mengerti Tentang Basic On-Page

Anda harus memahami tentang cara untuk menulis dan teknik SEO, karena hal ini bagaimanapun tetap berhubungan dengan mesin. 

Yang pertama, adalah title tag. Bagian ini wajib Anda isi dengan kata kunci utama. Kedua, meta description yang menjadi ringkasan dari artikel. Jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, ini akan mendorong kunjungan ke situs. 

Untuk URL, alangkah baiknya jika Anda menggunakan yang sudah termodifikasi. Yakni mengandung kata kunci utama, tidak panjang dan tidak ada preposisi. Gunakan pula heading H2 dan H3 dalam artikel agar memudahkan pembaca dan memberi petunjuk terhadap mesin pencari agar mengenali struktur artikel.

Optimalkan Media Sosial 

Yang tidak kalah penting, adalah mengoptimalkan media sosial. Unggah artikel Anda lewat postingan di media sosial. Apalagi, jika konten Anda menarik, maka ada kemungkinan menjadi viral, dibagikan banyak orang. Sehingga akan mendorong peningkatan volume kunjungan ke situs.

Itulah beberapa cara membangun konten SEO untuk bisnis online. Pastikan Anda membuat konten yang memenuhi kaidah mesin pencarian, namun tetap ramah untuk manusia.

BACA JUGA: Oknum PNS Dinkes Pesawaran yang 'Seruduk' Pedagang Dilaporkan Ke Polisi 

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA