Logo Saibumi

HNSI Berharap Tuntutan JKK Para Ahli Waris ABK KM. EMJ Tujuh Selesai Secara Mediasi

HNSI Berharap Tuntutan JKK Para Ahli Waris ABK KM. EMJ Tujuh Selesai Secara Mediasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Persidangan Pertama Gugatan Para Ahli Waris ABK KM. EMJ Tujuh yang didampingi langsung oleh Ketua DPC HNSI Bandar Lampung Kusaeri Suwandi selaku Penggugat terhadap BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung selaku Tergugat I dan PT. Sutioso Bersaudara Cabang Lampung selaku Tergugat II yang berlangsung di Pengadilan Negeri Kelas I A Tanjungkarang pada 14 Januari 2023. 

 

BACA JUGA: Hadiri Pengajian Akbar Di Kabupaten Lampung Barat, Gubernur Arinal Djunaidi Harapkan Partisipasi Aktif Masyarakat Dukung Pembangunan Di Provinsi Lampung

Adapun agenda ialah pemeriksaan berkas diantara masing-masing pihak oleh Ketua Majelis Hakim yang memeriksa perkara tersebut dengan Nomor Register 3/Pdt.G/2023/PN.Tjk setelah dianggap lengkap akan memasuki acara mediasi yang akan dilaksanakan di hari selasa tanggal 31 Januari 2023 kedepan. 

 

Namun Ketua Majelis Hakim berharap diantara pihak yang bersengketa bisa diselesaikan secara damai dalam acara mediasi yang ada. 

 

Sebagaimana diketahui bahwa Para Ahli Waris ABK KM. EMJ Tujuh menuntut kepada Para Tergugat, terutama Tergugat I selaku Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk memberikan JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja dengan telah dinyatakan hilangnya seluruh ABK KM. EMJ Tujuh disekitar Perairan Samudra Hindia atau Perairan Barat Pesisir Barat Lampung oleh Basarnas Lampung yang telah melakukan pencarian orang hilang ditanggal 24 Agustus 2021 yang lalu. 

 

Sebagaimana tuntutan yang ada berdasarkan ketentuan Pasal 25 ayat (1) dan (2) huruf b angka 4 dan 5 dalam PP RI Nomor 82 tahun 2019 tentang Perubahan PP RI Nomor 44 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Janinan Kematian, melalui Kuasa Hukumnya Para Ahli Waris ABK KM. EMJ Tujuh. 

 

Kusaeri Suwandi yang juga sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bandar Lampung mengungkapkan, karena telah berlarutnya JKK yang belum terbayarkan kepada Para Ahli Waris terhitung dari Agustus 2021 yang lalu. 

 

"Melalui Pengadilan ini, semoga Tergugat I tergugah untuk melihat sisi kemanusiaannya untuk bisa membayar JKK yang ada, sebagaimana hal ini juga diharapkan oleh Para Ahli Waris yang ada dalam acara mediasi kedepan," pungkasnya. (*)

BACA JUGA: Sidang Karomani CS, 7 Saksi Dihadirkan JPU KPK dari Honorer Hingga Dekan 

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA