Logo Saibumi

6 Tips Membangun Disiplin Karyawan yang Harus HR Coba

6 Tips Membangun Disiplin Karyawan yang Harus HR Coba

Saibumi.com (SMSI), Kedisiplinan karyawan adalah hal penting yang perlu ditegakan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menghasilkan kinerja yang optimal bagi perusahaan.

Oleh karena itu, HR harus mengerti bagaimana menerapkan strategi disiplin progresif bagi para karyawan. Berikut ini cara yang bisa dilakukan HR untuk menumbuhkan disiplin karyawan.

BACA JUGA: Bus Damri Jalur Perintis Liwa-Kebun Tebu Beroperasi, Segini Tarifnya

Tips Membangun Disiplin Karyawan

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun kedisiplinan karyawan.

 

1. Coba Penuhi Hak Karyawan

Pertama, untuk membangun kedisiplinan karyawan pertama penuhi terlebih dulu apa yang menjadi hak mereka. Pastikan Anda memenuhi semua hak ini secara adil dan transparan.

Transparansi ini sangat penting karena menjadi hal yang sensitif bagi karyawan. Ketika mereka tidak merasa diperlakukan secara adil, maka akan sulit bagi perusahaan untuk mendorong kedisiplinan karyawan. Salah satu contoh pemenuhan hak adalah dengan memberikan hak cuti, dan gaji yang sesuai.

 

2. Buat Aturan yang Tegas dan Tidak Berlebihan

Aturan adalah cara lainnya untuk membangun kedisiplinan karyawan. Dengan aturan karyawan mengetahui batas mana yang boleh mana yang tidak. Namun, jangan juga membuat peraturan yang berlebihan. Ini justru akan membuat karyawan merasa terkekang dan menghambat kreativitas mereka.

Cobalah pertimbangkan aturan yang tegas namun tidak memberatkan karyawan. Untuk itu, coba lakukan riset dan mencari data-data pendukung agar tidak membuat karyawan bingung dengan peraturan tersebut.

 

3. Lakukanlah Evaluasi Berkala

Evaluasi berkala ini menjadi kesempatan HR untuk melihat daftar kehadiran, ketercapaian target, sampai penyelesaian tugas dalam bekerja. Dengan evaluasi ini Anda bisa tahu siapa karyawan yang mengalami penurunan performa, melihat apakah beban kerja sudah sesuai atau perlu ada kebijakan solutif dari tindak lanjut evaluasi itu.

 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran kerja Bahasa Inggris.

 

4. Jalankan Sistem Reward dan Punishment

Karyawan yang selalu disiplin berhak mendapatkan apresiasi dari perusahaan. Misalnya perusahaan bisa memberikan penghargaan bergilir setiap bulannya. Dengan penghargaan ini pastinya akan membuat karyawan semakin termotivasi dalam bekerja dan disiplin.

Lalu sebaliknya, untuk karyawan yang kedapatan tidak disiplin maka perlu diberikan hukuman sesuai dengan aturan. Di sini Anda bisa menerapkan sistem poin atau pelanggaran maksimal sebelum akhirnya memberikan surat peringatan.

 

5. Kurangi Cara-cara Kerja Manual dengan Bantuan Teknologi

Penggunaan teknologi digital di perusahaan bisa membantu HR dalam mendorong kedisiplinan karyawan. Ini semua karena teknologi tersebut dapat membantu karyawan dalam proses kerja yang lebih efektif dan efisien.

 

6. Gunakan Penegak Disiplin Karyawan

Terakhir, untuk menegakan kedisiplinan karyawan tentunya harus juga didukung dengan penegak kedisiplinan. Salah satu penegak kedisiplinan adalah penerapan absen yang lebih fleksibel namun tetap akurat. Anda tidak bisa lagi menggunakan absen manual untuk menegakan kedisiplinan karena karyawan sudah cerdas untuk melakukan kecurangan.

 

Aplikasi absensi adalah alat yang tepat saat ini untuk dijadikan penegak disiplin karyawan. Dengan sistem yang bisa diakses karyawan dimana saja, dilengkapi dengan beberapa fitur yang mencegah kecurangan. Tentu ini bisa menjadi pilihan yang ideal.

 

Di Indonesia sendiri tidak sulit untuk menemukan aplikasi absen online karena sudah ada aplikasi absen LinovHR yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kedisiplinan karyawan. Mulai dari mampu melacak posisi karyawan, menghitung jam masuk, pulang dan keterlambaran. Bahkan karyawan pun bisa mengajukan cuti di sana.

 

Anda dapat mengunjungi websitenya untuk mengetahui lebih lanjut dan mengajukan demo gratisnya. (*)

BACA JUGA: Viral Oknum Jaksa di Lampung dan Pengacara Digerebek, Begini Kata Sekertaris DPD PPKHI

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA