Logo Saibumi

Apa Tugas Sales? Yuk, Ketahui Lebih Dalam!

Apa Tugas Sales? Yuk, Ketahui Lebih Dalam!

Saibumi.com (SMSI), Posisi sales atau penjualan menjadi tantangan yang besar bagi setiap orang. Tidak hanya karena tugas dan tanggung jawabnya saja yang besar. Akan tetapi, posisi ini juga krusialnya dalam menentukan profit sebuah perusahaan. 

 

BACA JUGA: Gubernur Arinal Djunaidi : Tingkatkan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor di Desa Melalui E-Samdes

Secara umum, tugas dan tanggung jawab sales ialah berhubungan dengan penjualan. Sebagai contoh, di perusahaan jasa beli followers instagram misalnya, sales bertugas untuk menjual dan menarik pelanggan dari kalangan perusahaan, pemerintahan, hingga perorangan untuk membeli layanan jasa followers instagram.

 

Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut tidak mengherankan jika bagian ini wajib diisi oleh sumber daya manusia yang handal di bidangnya. Nah, berikut pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian sales serta tugas-tugasnya.

Pengertian Sales

Sales sendiri merupakan bagian dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan penjualan produk. Selain itu, sales juga bertugas untuk membuka peluang bisnis bagi perusahaan sehingga dapat memperluas pangsa pasar perusahaan.

 

Tentunya, semakin tinggi penjualan yang dapat dilakukan oleh seorang sales, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang didapatkan. Oleh sebab itu, memahami tugas seorang sales menjadi sangat penting agar bisa mengoptimalkan kinerjanya semaksimal mungkin. 

Tugas Sales

Lantas, apa tugas sales? Nah, dari penjelasan sebelumnya kamu bisa mengetahui gambaran umum mengenai tugas sales dan tanggung jawabnya. Agar lebih jelas, mari simak uraiannya berikut ini!

1. Melakukan Penjualan Produk

Tugas dasar atau yang paling umum bagi seorang sales adalah menjual produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan. Nah, tidak hanya pada tugas penjualan saja, tetapi sales juga harus memastikan kepuasan pelanggan setelah membeli dan menggunakan produk tersebut.

 

Seorang sales umumnya diharuskan dapat mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Tentunya, dengan upaya yang cermat dan terukur maka target tersebut bisa tercapai. Sehingga tugas dan tanggung jawabnya bisa dibilang telah dilaksanakan dengan baik.

2. Melayani Kebutuhan Administratif Pelanggan

Sales juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjual produk kepada mitra atau vendor lainnya. Dengan demikian, tanggung jawab seorang sales selanjutnya adalah melayani kebutuhan administratif setiap jenis pelanggannya.

 

Nah, untuk jenis pelanggan dari perusahaan mitra atau vendor lain, maka kebutuhan administrasi ini bermacam-macam. Seperti halnya perkiraan anggaran produksi, perjanjian pembayaran, laporan data, hingga pada tahap purna jualnya.

3. Menciptakan Pasar Baru

Sales juga akan bekerja sama dengan bagian pemasaran atau marketing dari perusahaan. Sehingga sales juga akan bertanggung jawab pada upaya pembukaan pasar yang baru bagi perusahaan. 

 

Selain mengenalkan produk perusahaan ke masyarakat, sales juga harus bisa mencari celah dan ceruk yang sesuai dengan produk yang akan ditawarkan. Tujuannya, supaya masyarakat dapat mengenal produknya dengan baik dan akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

 

Tentunya, ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk upaya satu ini. Terlebih lagi di era yang serba canggih seperti saat ini. Nah, salah satu metodenya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram yang gratis dan juga memiliki jangkauan yang luas. 

Seperti situs percetakanku.co.id memperbesar pasar barunya dengan membuat website, dengan menarget pasar yang mencari percetakan murah di jakarta. Dengan memiliki website diharapkan ada pasar baru yang datang dari orang yang datang berkunjung ke website.

4. Memahami Dinamika Pasar

Sales tidak akan dapat bergerak dengan efektif apabila tidak bisa mengikuti dinamika pasar dan membaca trend terkini. Oleh karena itu, sales juga bertugas untuk terus memonitor dan mengikuti dinamika pasar serta tren yang tengah digandrungi masyarakat.

 

Sales harus bisa memahami dinamika pasar, kemudian merumuskan tindakan yang paling efektif untuk strategi penjualannya. Dengan demikian, diharapkan target penjualan dapat tercapai dengan upaya yang paling efektif dan efisien.

5. Memberikan Layanan Purna Jual

Sales juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam urusan layanan purna jual. Sales harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan, serta masyarakat umum yang tidak membeli produk perusahaan.

 

Layanan purna jual ini wajib tetap diberikan oleh sales sebagai upaya memenuhi tugas dan tanggung jawabnya. Baik itu terkait pertanyaan, keluhan, kritik, hingga urusan pengembalian barang apabila terjadi cacat produk atau kondisi yang tidak sesuai dengan syarat produknya.

 

Tentu layanan purna jual ini merupakan salah satu bagian yang paling krusial. Sebab, masyarakat secara langsung akan melihat bagaimana perusahaan dan brand memberikan layanan. Sehingga perlakuan mereka akan menjadi poin penting untuk menggaet pelanggan.

6. Menjaga Reputasi Perusahaan

Dapat dikatakan kalau sales merupakan wajah bagi perusahaan yang secara langsung akan hadir di pasaran. Seluruh reputasi dan nama baik perusahaan harus selalu dijaga dengan memberikan semua kualitas yang dimiliki oleh sales tersebut.

 

Sebagai ujung tombak dari perusahaan di pasar, bagian sales wajib untuk menjaga hal-hal tersebut dengan sebaik mungkin. Sehingga value perusahaan tersebut secara umum tetap dapat berada di titik yang diinginkan.

 

Bagaimana? Sudah paham kan dengan tugas sales? Tentu tugas seorang sales memang bukanlah tugas yang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Akan tetapi, sangatlah mungkin diselesaikan dengan baik apabila perencanaannya cermat dan tepat.

 

Selain itu, sales juga tidak hanya berurusan dengan pelanggan tingkat akhir saja. Namun, sales juga harus bisa menjaga relasi dengan mitra perusahaan, vendor, pihak ketiga, maupun perusahaan lainnya.




BACA JUGA: Diwakili Kepala Dinas Sosial, Gubernur Lampung Arinal Serahkan Bantuan Sembako dan Bufferstock Untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Pesibar

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA