Logo Saibumi

Operasi Microsleep Diharap Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Hingga 40 Persen

Operasi Microsleep Diharap Bisa Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol Hingga 40 Persen

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Suasana berbeda tampak menghiasi di Rest Area KM 215 B Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) pada Jumat, 9 September 2022 malam. 

 

BACA JUGA: Hasil Lengkap Kejurnas Shorinji Kempo di Solo Hari Kedua

Kendaraan-kendaraan terutama truk pengangkut barang yang hendak memasuki area rest area dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari PT. Hutama Karya maupun Kepolisian. 

 

Usut punya usut, pemeriksaan itu merupakan bagian dari kampanye setuju alias selamat sampai tujuan. Dimana, sebuah kampanye yang bertujuan meningkatkan kesadaran berkendara di jalan Tol Trans Sumatera.

 

Saat diwawancarai, Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono membenarkan hal tersebut. 

 

"Pada malam hari ini, kami sebagai Badan Usaha Jalan Tol melaksanakan kampanye Setuju (Selamat Sampai Tujuan) yang pertama itu adalah keselamatan adalah nomor 1, yang kedua menurunkan angka fatalitas di jalan tol, tertib berkendara di jalan tol, lalu tertib muatan dan tertib kecepatan," ungkapnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun dalam pelaksanaannya kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan dan juga mengurangi fatalitas kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol. 

 

"Dan pada hari ini kita melakukan operasi lampu belakang tidak hidup, dan juga ban gundul, selain itu kami juga melakukan operasi microsleep," jelasnya. 

 

Kemudian, adapun upaya yang dilakukan saat menemukan lampu kendaraan yang tidak hidup, menurut Yoni pihaknya akan memasangkan lampu senter sementara. 

 

"Untuk lampu belakang tidak hidup fatalitas yang terjadi itu, bisa terjadi tabrak belakang. Dengan adanya operasi lampu belakang ini kita harapkan dapat menekan penyebab kecelakaan yang terjadi diakibatkan lampu belakang tidak hidup. Kita melakukan penempelan stiker skotlet, dan juga memberikan lampu sementara berupa lampu senter yang kita tempelkan dibelakang kendaraan. Kita siapkan sebanyak 100 pcs malam ini," tuturnya. 

 

Yoni Satyo Wisnuwardhono berharap kegiatan ini dapat menekan angka kecelakaan hingga 40 persen. 

 

"Hasilnya, kita harapkan dapat menurunkan kecelakaan hingga 40 persen," pungkasnya. 

 

Berdasarkan pantauan di lokasi, para pengemudi juga sangat kooperatif saat Operasi Microsleep ini digelar. Ketika diminta istirahat dan tidak melanjutkan perjalanan, mereka langsung setuju.

 

"Iya kami berterima kasih telah diingatkan, karena keselamatan adalah hal yang paling utama," ujar Bambang salah satu pengendara truk Fuso asal Lampung Tengah itu. (Riduan)

BACA JUGA: Kejaksaan Harus Mampu Tunjukan Penegakan Hukum Tajam Keatas dan Humanis Ke Bawah

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA