Logo Saibumi

Dalam Rangka Dies Natalis, Prodi Farmasi ITERA laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Tarahan Lampung Selatan

Dalam Rangka Dies Natalis, Prodi Farmasi ITERA laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Tarahan Lampung Selatan

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Program Studi (Prodi) Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali hadir dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-5 dalam kegiatan tahunan The 4th Pharmacie 2022. Salah satu program yang diselenggarakan pada Lustrum kali adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan pada tanggal 29 dan 30 Juli 2022.

Terdapat 3 dusun yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan di Desa Tarahan yaitu, Dusun Sinar Laut, Gubugaram dan Surungbatang. Kegiatan PKM dibuka pada Jum’at 29 Juli 2022, dalam kegiatan PkM perdana tersebut dilakukan adalah penyuluhan kesehatan yang berlokasi di SMP dan SMA PGRI Katibung.

BACA JUGA: Sheikh Al Mahfoudh bin Bayyah Kagumi Gereja Katedral Jakarta

Sasaran kegiatan ini adalah siswa/i SMP dan SMA dengan tujuan memberikan informasi mengenai pertolongan pertama, yang disampaikan oleh Bapak Firmansyah dari PMI Lampung. Materi yang selanjutnya adalah swamedikasi dan pengenalan obat-obatan UKS, yang disampaikan oleh dosen farmasi ITERA Ibu apt. Untia Kartika Sari R., S.Farm., M.Farm.

Acara berjalan dengan lancar disertai antusiasme para siswa yang cukup baik. Pada sore harinya, kerjasama antara tim dosen farmasi ITERA dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan pengobatan gratis dan pemberian konseling untuk masyarakat dusun Surung Batang, Gubugaram, Sinar Laut.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah pengecekan berat badan, tinggi badan, dan tensi yang dibantu oleh bidan; pemeriksaan kesehatan oleh dokter; pengecekan gula darah, kolesterol, dan asam urat; dan pemberian konseling oleh apoteker. Dosen Farmasi ITERA selaku apoteker yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya yaitu Dr. apt. Syaikhul Aziz, S.Far., M.Si., apt. Dirga, S.Farm., M.Sc., apt. Irfanianta Arif Setiawan, S.Farm., M.Sc., apt. Nurul Irna Windari, S.Farm., M.Clin. Pharm., dan apt. Tantri Liris Nareswari, M.S.Farm.

Penanggungjawab kegiatan the 4th Pharmacie, Ibu apt. Tantri Liris Nareswari, M.S.Farm., menjelaskan bahwa kegiatan PkM berupa pengobatan gratis dan pemberian konseling merupakan implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. Beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat khususnya untuk masyarakat, para dosen, dan seluruh mahasiswa. “Kegiatan pengecekan kesehatan kepada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya dalam menumbuhkan kesadaran dalam mendeteksi, mengatasi, dan meningkatkan kesehatan, baik di kalangan masyarakat maupun akademisi”.

Elvira Aviana, mahasiswa angkatan 2020 yang merupakan ketua pelaksana The 4th Pharmacie 2022 menambahkan manfaat dari kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa karena dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapatkan selama perkuliahan.”


Pengabdian kepada masyarakat berlanjut ke hari ke-2, kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan kepada masyarakat mengenai pengolahan dan peningkatan nilai jual dari sumber daya alam lokal desa Tarahan, yaitu biji coklat. Kegiatan yang dikonsep oleh Ibu apt. Novrilia Atika Nabila, S.Farm., M.Clin.Pharm. bersama mahasiswa ini meliputi pengolahan biji coklat menjadi selai coklat dan masker wajah, yang keduanya kemudian dapat kembangkan menjadi produk khas maupun oleh-oleh dari daerah wisata yang terdapat pada desa tersebut, yaitu Pantai Sebalang. Selai coklat tersebut kemudian diberi nama Selat Valsitara yang merupakan singkatan dari Selai Coklat Inovasi Tarahan-ITERA.

Pemberian mengenai manfaat dan cara pengolahan diberikan oleh Ibu apt. Annisa Maulidia Rahayyu, S.Farm., M.S.Farm dan materi kewirausahaan diberikan oleh Ibu apt. Putri Amelia Rooswita, S.Farm., M.Farm. Materi kewirausahaan meliputi pentingnya penggunaan kemasan, baik kemasan primer maupun kemasan sekunder agar terlihat menarik dan dapat manaikkan nilai jual dari produk yang telah dibuat, dan strategi pemasaran produk.


Tidak hanya materi saja yang disampaikan, namun dilakukan juga praktek pembuatan selai cokelat oleh beberapa masyarakat yang didampingi oleh dosen-dosen farmasi ITERA. Masyarakat juga diberikan roti yang sudah dioleskan selai coklat yang dibuat untuk menilai rasa dan penampilannya.

“Rasanya enak dan manisnya pas seperti selai cokelat pada umumnya, walaupun masih ada butiran cokelat yang belum halus namun saat dikonsumsi menggunakan roti hal tersebut tidak merubah kenyamanan saat dikosumsi”. Ujar Bapak Purwanto selaku Kepala Sekolah SDN 2 Tarahan yang turut serta dalam kegiatan.
Praktek pembuatan masker juga dilakukan serta diperagakan penggunaannya oleh tim panitia The 4th Pharmacie 2022.

“Rasanya dingin, aroma coklatnya enak, dan terasa lembab setelah wajah dibersihkan” ujar Adean Naufal selaku panitia peraga penggunaan masker cokelat. Acara yang berlangsung di hari ke-2 berjalan dengan sukses, dapat dilihat dari animo masyarakat peserta kegiatan yang sangat baik. 

Selanjutnya, Bapak Hairul selaku Kepala Desa Tarahan mengutarakan bahwa dengan adanya pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi inspirasi masyarakat dan bagi pelajar. “Banyak ilmu yang dapat dipelajari dari pengabdian masyarakat ini.

Harapan kami kepada siswa-siswi SMP dan SMA PGRI Katibung juga dapat memahami dan lebih mengenal jurusan farmasi. Dan semoga masyarakat dapat lebih mengembangkan sumber daya alam yang ada di sini, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga” Ujar beliau.

BACA JUGA: PB. PERKEMI Laksanakan Penataran Pelatih dan Penguji Daerah Se-Indonesia

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA