Logo Saibumi

Hery Gunawan dan Penasihat Hukumnya Mendesak Kasus Ali Kusno Fusin Segera P.21

Hery Gunawan dan Penasihat Hukumnya Mendesak Kasus Ali Kusno Fusin Segera P.21

Foto: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Penasihat hukum Hery Gunawan, Sarjono berharap agar perkara pokok Ali Kusno Fusin bisa segera P.21. 

 

BACA JUGA: Akibat Salah Paham, 1 Orang Kena Tusuk di Glow Karaoke

Hal tersebut disampaikan, pasca ditolaknya praperadilan Ali Kusno Fusin oleh Hakim di Pengadilan Negeri Tanjungkarang pada Selasa, 28 Juni 2022. 

 

"Dengan telah dipenuhinya diserahkannya petuntuk kejaksaan berupa P.19 oleh Penyidik dan dikaitkan juga dengan putusan Prapid dengan ini meminta kepada kejaksaan selaku penuntut umum perkara pokok dapat segera P.21," ungkapnya saat dikonfirmasi saibumi.com, Sabtu (2/7/2022). 

 

Lebih lanjut ia menuturkan, dengan ditolaknya permohoan prapradilan Ali Kusno Fusin, menurutnya apa yang menjadi obyek praperadilan tidak sesuai ketentuan Peraturan Mahkamah No.4 Th 2016 pasal 2 ayat 1 (a) dan ayat 2 juncto putusan Mahkamah Konstitusi No. 21/P-XII/2014. 

 

Sementara itu, Donny Irawan ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung akan terus memantau terus kasus ini. 

 

"Hery Gunawan adalah masyarakat yang mengadu ke SMSI, dan sewajarnya saya selaku Ketua SMSI Lampung ikut prihatin atas kasus ini, saya dan SMSI akan mengawal sampai putusan tetap," jelas Donny. 

 

Sebelumnya diberitakan, Sidang Praperadilan atas nama Ali Kusno Fusin, yang mempraperadilankan Kapolda Lampung terkait penetapan tersangka yang dilakukan oleh Polda Lampung kepada dirinya secara resmi telah diputus Hakim pada gelaran sidang putusan yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Selasa 28 Juni 2022, kemarin. 

 

Dalam pelaksanaannya, Hakim Hendri Irawan menolak seluruh Petitum yang diajukan oleh pihak pemohon yang dalam hal ini ialah Ali Kusno Fusin. 

 

"Hakim menentukan, menolak permohonan pemohon seutuhnya Petitum pemohon dari nomor 1 sampai 6 ditolak," ungkap Hakim Hendri Irawan. 

 

Sementara itu, pihak Polda Lampung yang dalam hal ini merupakan Termohon saat dimintai tanggapannya Direktur Reskrimum Polda Lampung Kombes Reynold EP Hutagalung mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku dalam kasus Ali Kusno Fusin. 

 

"Saya yakini bahwasannya kepada Personil Ditreskrimum telah melaksanakan tugas sesuai ketentuan Per UU an yang berlaku. Prinsip nya Kami hanya melaksanakan tugas sebagaimana ketentuan yang berlaku," ungkapnya, Rabu (29/6/2022). 

 

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa semua telah ada aturannya, dan pihaknya pun melaksanakan sesuai aturan yang berlaku. 

 

"Temuan fakta-fakta suatu perbuatan peristiwa Tindak Pidana harus tergelar secara objektif, semua tindakan harus didukung dengan administrasi lidik-sidik yang profesional," jelasnya. 

 

Kemudian, Kombes Pol Reynold juga berterimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung penegakkan hukum yang profesional. 

 

"Terutama kepada Hakim Tunggal yang memimpin persidangan Prapid ini dan Para Ahli Hukum Pidana yang hadir turut memberikan keterangan nya di muka persidangan," bebernya.

 

Selanjutnya, saat disinggung terkait kelanjutan kasus dari Ali Kusno Fusin, Kombes Pol Reynold menuturkan, bahwa proses akan kasus Ali Kusno Fusin akan terus berjalan. 

 

"Pastinya," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Perkembangan Harga Produsen Gabah dan Beras Provinsi Lampung Juni 2022

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA