Logo Saibumi

Berapa Harga Premi Asuransi All Risk?

Berapa Harga Premi Asuransi All Risk?

Saibumi.com, Bandar Lampung - Bagi Anda yang menghindari riba, bisa memilih kredit syariah mobil sebagai cara paling bijak untuk memiliki kendaraan kesayangan. Setelah itu, berikan proteksi terbaik bagi kendaraan dengan asuransi mobil.

Anda bisa memilih jenis asuransi mobil All Risk ataupun Total Loss Only (TLO). Sebagaimana yang diketahui, asuransi All Risk merupakan salah satu jenis asuransi mobil.

Biasanya asuransi ini dipilih bagi pemilik mobil baru, namun mobil bekas sebenarnya juga bisa klaim asuransi ini selama kerusakannya memenuhi persyaratan. Pertanyaannya kini, berapa harga premi asuransi All Risk?

Buat mengetahuinya, dapat dibaca dalam pembahasan berikut. Seperti diketahui, sama halnya seperti asuransi TLO, asuransi All Risk juga sangat dibutuhkan.

Fakta menunjukkan, angka kecelakaan yang tinggi terutama di perkotaan. Selain itu, sekalipun kita sudah berkendara dengan sangat baik tak lantas bisa menghindarkan dari kecelakaan karena terkadang kecelakaan disebabkan oleh faktor-faktor di luar teknis.

Tentang Asuransi All Risk

Asuransi all risk juga disebut sebagai asuransi Comprehensive atau asuransi mobil yang memberikan manfaat kompleks dalam perbaikan mobil. Artinya adalah baik itu perbaikan kecil maupun perbaikan yang sifatnya besar bisa dilakukan dengan asuransi All Risk.

Selain itu kerugian yang diakibatkan hilangnya mobil karena pencurian atau perbuatan jahat orang lain juga bisa ditanggung oleh asuransi all risk.

Berbeda halnya dengan asuransi total loss only yang tidak bisa menanggung kerusakan kecil. Hanya bisa memperbaiki mobil dengan kerusakan minimal 75%.

Beberapa manfaat pertanggungan yang umumnya didapatkan jika anda klaim asuransi all risk antara lain yaitu :

Pertanggungan atas mobil atau kendaraan yang mengalami kecelakaan, benturan, tergelincir, terperosok, dan lain sejenisnya.
Pertanggungan atas mobil atau kendaraan yang mengalami perbuatan jahat seperti pencurian.
Pertanggungan atas mobil atau kendaraan yang mengalami baret, lecet, penyok, dan kerugian minor lainnya.
Pertanggungan atas mobil atau kendaraan atas risiko selama penyeberangan laut dengan feri.
Biaya derek

Namun, setiap perusahaan asuransi punya kebijakan yang berbeda-beda. Jadi Anda perlu membaca polisnya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Berapa Premi Asuransi All Risk?

Banyak orang yang bertanya berapa sih harga premi asuransi all risk itu? Berapa uang yang harus saya siapkan untuk membayar premi?

Perlu untuk diketahui, terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh perusahaan asuransi dalam menentukan tarif premi untuk asuransi kendaraan. Baik itu asuransi all risk maupun asuransi total loss only.

Karena semua telah diatur di dalam Surat Edaran Nomor 6/SEOJK.05/2017 terkait penetapan premi atau kontribusi lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2017 oleh Otoritas Jasa Keuangan. Berdasarkan aturan tersebut, premi asuransi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :

Harga Monil
Kategori Wilayah
Presentase Premi

Harga Mobil masih dibagi lagi menjadi beberapa kategori yaitu :

Kategori 1: Rp0-Rp125 juta
Kategori 2: lebih dari Rp125 juta-Rp200 juta
Kategori 3: lebih dari Rp200 juta-Rp400 juta
Kategori 4: lebih dari Rp400 juta-Rp800 juta
Kategori 5: lebih dari Rp800 juta

Sementara itu, untuk pembagian wilayah adalah sebagai berikut :

Wilayah 1: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
Wilayah 3: Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah 1 dan 2.

Sedangkan untuk premi presentase bergantung kepada wilayah dan harga mobil Anda. Mari lihat tabel di bawah ini

 Harga Mobil

Wilayah 1

Wilayah 2

Wilayah 3

Maksimal Rp125 juta

3,82% – 4,20%

3,26% – 3,59%

2,53% – 2,78%

Rp125-200 juta

2,67% – 2,94%

2,47% – 2,72%

2,69% – 2,96%

Rp200-400 juta

2,18% – 2,40%

  2,08% – 2,29%

1,79% – 1,97%

Rp400-800 juta

1,20% – 1,32%

1,20% – 1,32%

1,14% – 1,25%

Lebih dari Rp800 juta

1,05% – 1,16%

1,05% – 1,16%

1,05% – 1,16%

Simulasi Perhitungan Premi Asuransi All Risk

Misalnya Pak Handoko memiliki mobil seharga Rp850 juta dalam keadaan rusak sehingga membutuhkan asuransi all risk dan Pak Handoko sendiri tinggal di Sulawesi Barat berapakah premi yang harus beliau bayarkan ke perusahaan asuransi?

Diketahui Pak Handoko tinggal di Sulawesi Barat yang merupakan wilayah tiga. Anggap saja perusahaan menentukan presentase preminya adalah 1,12%, jadi total preminya adalah :

1,12% x Rp 850 juta = Rp 952.000 per tahun atau sekitar Rp80.000 per bulannya.

Sementara itu, untuk rumus perhitungan premi asuransi total loss only kurang lebih sama. Yang membedakan adalah prentase preminya yang jauh lebih kecil. Hal ini dikarenakan manfaat pertanggungan yang akan Anda dapatkan jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan asuransi all risk atau

Lalu bagaimanakah cara pembayaran iurannya? Untuk pembayaran sendiri, tentu saja sangat mudah tinggal lewat rekening bank atau e-wallet. Bahkan Anda bisa membayar premi asuransi mobil dengan sistem kredit.

Baca selengkapnya tentang kredit syariah mobil All Risk ataupun Total Loss Only hanya di Lifepal.co.id.

BACA JUGA: Hyundai Lampung Tawarkan Kesempatan Test Drive Semua Lini Produk Andalan dari Hyundai

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong