Logo Saibumi

Motor Tanpa Aki Apa Jadinya

Motor Tanpa Aki Apa Jadinya

Saibumi. com, Bandar Lampung - Modifikasi yang dilakukan pemilik sepeda motor kadang nyeleneh dan menghilangkan safety kendaraan. Beberapa bagian vital ditanggalkan padahal memiliki resiko merusak bagian lain.

 

BACA JUGA: Bersihkan Rantai Motor Usai Trabas Genangan Air

Salah satunya, aki atau accu memang terlalu vital fungsinya karena aki fungsinya menyediakan listrik sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul. Walaupun demikan, sepeda motor tanpa aki juga bisa menimbulkan beberapa efek negatif.

Menurut Suroso, Kepala AHASS Astra Motor Imam Bonjol, keberadaan aki yang sudah tidak ada maka arus langsung dari spul tanpa penstabil. Sehingga arus yang masuk pada sistem kelistrikan tak tersaring sesuai kebutuhan motor. 

1. Sulit menghidupkan mesin

Untuk menghidupkan sepeda motor, kita cuma harus menekan tombol start yang ada pada stang kemudian mesin nyala dan siap ditunggangi. Tetapi ingat, sistem elektrik starter ini memakai tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati cuma aki. Ini artinya ketika motor tidak memakai aki, maka kita tidak bisa memakai fitur electric starter. Untuk menyalakan mesin, kita perlu menggunakan kick starter.

2. Lampu sein tidak berkedip

Anda mungkin sering melihat motor yang lampu seinnya berkedip sangat cepat atau bahkan tidak berkedip sama sekali (nyala terus menerus). Itu ternyata bukan masalah pada lampu sein, tapi karena tegangan listrik yang kurang sehingga flasher yang tugasnya mengedipkan menjadi tidak maksimal kinerjanya.

Kenapa tegangan kelistrikan bisa berkurang? "Karena RPM mesin rendah, sehingga tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul juga rendah. Jika motor ada akinya, hal ini bisa diantisipasi. Tetapi jika motor tanpa aki maka lampu sein akan nyala terus tanpa kedipan kecuali saat Anda gas mesin motor saat berbelok" tambah Suroso.

3. Lampu motor redup saat RPM mesin rendah

Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul terbilang sangat terbatas, sehingga tak kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian sampai penerangan (lampu). Hal ini berakibat pada lampu motor yang redup dan lampu hanya akan terang jika motor kita gas.

4. Perangkat kelistrikan cepat rusak

Arus besar yang dihasilkan dari spul bisa berdampak negatif pada kendaraan misalnya lampu cepat mati karena arus yang besar. Melihat efek negatif dari tidak memakai aki, ada baiknya jika aku selalu terpasang di sepeda motor kesayangan Anda. Selain lebih nyaman, Anda juga akan merasa lebih aman berkendara.(SB05) 

BACA JUGA: Solusi Rantai Kendor, Bisa Dilakukan di Rumah

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA