Logo Saibumi

Apeksi di Bandar Lampung, Pemkot Anggarkan Rp. 6 Miliar

Apeksi di Bandar Lampung, Pemkot Anggarkan Rp. 6 Miliar

Foto: Dokumen Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya mengatakan bahwa beberapa Walikota se-Indonesia telah tiba di Kota Tapis Berseri guna menghadiri HUT ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

 

BACA JUGA: Nanang – Winarni Pantau Penilaian Konvergensi Penurunan Stunting di Provinsi Lampung

"Sudah hadir lebih awal, jadi hadir lebih awal ini di luar skedul yang sudah ditetapkan," ungkap Sukarma, Rabu (25/5/2022).

 

Lebih lanjut ia menuturkan, meskipun masih ada jeda beberapa hari daari tanggal yang ditentukan yaitu 27-29 Mei 2022. Namun, hal itu tidak dipermasalahkan, sebab menurutnya hal itu bisa menjadi ajang perkenalan bagi para Walikota mengetahui Kota Tapis Berseri.

 

"Tetapi, kita selaku tuan rumah yang baik karena sudah ditunjuk beberapa teman-teman OPD yang melayani, jadi ya mulai dilayani. Artinya terkait kepentingan-kepentingan beliau-beliau selama di Kota Bandar Lampung sebelum terselenggaranya apeksi ini dimulai," jelasnya.

 

Sukarma pun menuturkan, mungkin ada kebutuhan yang ingin dilihat apakah dari sisi kepemerintahan ataukah dari sisi secara umum Kota Bandar Lampung baik itu jasa usaha maupun pariwisatanya.

 

"Jadi itu juga semua harua kita layani dengan baik," tuturnya.

 

Selanjutnya, terkait informasi kendaraan peserta apeksi, Sukarma menjelaskan bahwa memang benar pihak Pemerintah Kota Bandar Lampung menyiapkan seluruhnya.

 

"Jadi gini, itu memang benar, melalui Dinas Perhubungan, kita sebagaimana yang sudah disampaikan yaitu memfasilitasi baik itu akomodasi penginapan berupa hotel, kemudian makn peserta selama di Bandar Lampung, kemudian kendaraan itu memang menjadi kewajiban kita tuan rumah," ujarnya.

 

Selain itu, sepeda gowes pun disediakan dan menjadi wewenang Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung.

 

"Kita ini konteks nya apeksi, kalau ada konteks yang tanda kutip yang lain itu karena ada faktor lain. Yang jelas secara koordinasi dengan kita tidak ada selain apeksi," imbuhnya.

 

Disinggung terkait berapa besaran angka anggran yang dikeluarkan, Sukarma menyampaikan, bahwa anggaran yang disediakan adalah sekitar Rp. 6miliar secara keseluruhan.

 

"Tetapi serapannya kita tidak tau, bisa saja tidak tercapai angka itu. Karena memang dalam sisi yang paling besar itu adalah kegiatan mulai dari akomodasi, konsumsi, sewa kendaraan, dan itu menjadi tanggung jawab kita," bebernya.

 

Tapi Sukarma pun menambahkan, tentunya hal itu menjadikan ajang promo dari Kota Bandar Lampung, agar menjadi kota tujuan secara nasional. Baik itu event-event seminar ataupun rapat-rapat skala nasional.

 

"Karena sekarang ini kan, mungkin kita hanya melihat kunjungan-kunjungan dadakan saja wisata dari tetangga-tetangga. Kita ingin secara keseluruhan Bandar Lampung itu layak menjadi kota tujuan dan memacu PAD kita juga," pungkas Sukarma Wijaya. (Riduan)

BACA JUGA: Ichwan Adji Wibowo Kembali Nahkodai PCNU Kota Bandar Lampung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA