Logo Saibumi

Maraknya Kasus Kekerasan Sexual, UPTD PPA Imbau Masyarakat Untuk Lapor Jika Mengalaminya

Maraknya Kasus Kekerasan Sexual, UPTD PPA Imbau Masyarakat Untuk Lapor Jika Mengalaminya

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Lampung, Amsir | Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Provinsi Lampung, Amsir mengatakan, bahwa di tahun 2022 ini kasus kekerasan sexual marak terjadi. 

 

BACA JUGA: SMSI Apresiasi Kejari tetapkan Kadis PUTR sebagai Tersangka

Hal tersebut disampaikan Amsir saat berbincang bersama saibumi.com di Mapolda Lampung, di dekat Institut Teknologi Sumatera, Jl. Terusan Ryacudu, Way Huwi, Kabupaten Lampung Selatan. 

 

"Didalam melihat situasi yang terjadi di tahun 2022 ini maraknya terjadi kasus-kasus khususnya kasus kekerasan sexual. Ini menjadi prihatin ya, terlebih saat ini kita masih dalam masa pandemi," ungkap Amsir, Sabtu (21/5/2022). 

 

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa hal ini terjadi karena banyak pengaruh yang memunculkan terjadinya hal tersebut. 

 

"Tetapi semua ini sebagai langkah antisipasi kita lakukan dengan cara pencegahan baik itu dalam sisi sosialisasinya maupun yang program-program yang ada di dinas UPTD PPA," jelasnya. 

 

Selanjutnya, untuk di provinsi Lampung berdasarkan data simponi yang dikelola dan masuknya dari berbagai pihak untuk saat ini yang dapat sepanjang tahun 2022 sekitar 600 lebih kasus. 

 

"Tetapi untuk di unit PPA sendiri ini sudah masuk sebanyak 47 kasus hingga bulan Mei 2022," tuturnya. 

 

Disinggung terkait masyarakat yang enggan untuk melaporkan apabila mengalami tindakan kekerasan sexual. Amsir menyampaikan, bahwa masyarakat jangan takut, pihaknya siap membantu apabila ada masyarakat melapor. 

 

"Kita memiliki 6 fungsi, sebagai contoh fungsi pengaduan, dari fungsi pengaduan ini perlu saya tegaskan bahwa tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pengaduan dari masyarakat, disini kami membantu dan siap melakukan pendampingan," tegasnya. 

 

Ia pun berharap, tak ada masyarakat yang takut untu melaporkan tindakan-tindakan tercela tersebut. 

 

"Artinya kita siap menerima laporan dari masyarakat. Jadi saya harap masyarakat tak ragu untuk melaporkan apabila mengalami ataupun melihat terjadinya kekerasan sexual," pungkas Amsir. (R)

BACA JUGA: Subholding Gas Pertamina Percepat Transformasi Bisnis Berbasis Digital dan Marketing 3.0, Dukung Pencapaian Target 1 Juta Jargas

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA