Logo Saibumi

Jelang Waisak, Majelis Umat Buddha di Lampung Beri Penghormatan di Makam Pahlawan

Jelang Waisak, Majelis Umat Buddha di Lampung Beri Penghormatan di Makam Pahlawan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Persatuan Umat Buddha Seluruh Indonesia Provinsi Lampung berkolaborasi dengan Kementerian Agama RI Bimas Buddha Kantor Wilayah Provinsi Lampung, dan seluruh majelis umat Buddha di Bumi Ruwa Jurai menggelar Karya Bakti dalam rangka menyambut hari raya Tri Suci Waisak tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan, Kota Bandar Lampung.

 

BACA JUGA: 6 Temuan BPK Soal Laporan Keuangan Provinsi Lampung, Kejati Lampung Diminta Selidiki

Dalam hal ini, Ketua Pelaksana Christian Chandra mengatakan bahwa kegiatan hari ini selain dalam rangka menyambut hari raya Waisak, kegiatan ini juga sebagai penghormatan kepada pahlawan yang telah menjunjung tinggi nilai-nilai kenegaraan.

 

"Hari ini kita dalam rangka menyambut Waisak yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2022. Tri suci waisak, dimana sang buda di lahirkan, pencerahan, dan meninggal di waktu yang sama. Hari ini kita semua majelis seluruh provinsi mengadakan tabur bunga dalam rangka menghormati para pahlawan yang sudah mendahului kita," ungkapnya, Sabtu (14/5/2022).

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun rangkaian kegiatan pada hari ini adalah bersih-bersih, berdoa, dan menjalin kebersamaan diantara semua.

 

"Makna nya adalah kita menghormati kepada yang mendahului. Dan kita berharap dengan ada waisak tahun ini kan kebetulan motto nya adalah kebersamaan. Jadi kita umat Buddha bertekad untuk bisa selalu bersama-sama dengan umat beragama lain," jelasnya.

 

Kemudian, Christian Chandra pun menambahkan, bahwa hari ini adalah permulaan daripada rangkaian waisak dan nanti puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2022

 

"Untuk dharma Santi Waisak keseluruhan. Jadi marilah kita pererat kebersamaan antara kita semua, dan lebih bertoleransi dalam beragama, sehingga kerukunan akan lebih dipererat lagi," tukasnya.

 

Senada dengan Ketua Pelaksana, Sariyono Pembimbing Masyarakat Buddha Kementerian Agama Provinsi Lampung, menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh unsur, majelis agama Buddha di seluruh provinsi Lampung.

 

"Kemudian nanti pada puncak acaranya Waisak ada Dharma Santi Waisak, dirangkai dengan berbagai kegiatan sosial seperti donor darah, kemudian ada sunatan massal, dan pengobatan gratis," tuturnya.

 

Kemudian Sariyono pun mengutarakan adapun pesan penting yang tersirat adalah, tentu harus bisa berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan aksi nyata seperti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

 

"Dan juga menguatkan kebersamaan, kerukunan, kegotongroyongan, dan itu harus didorong. Seperti yang dilakukan pada hari ini. Hari ini kita memberikan doa kepada pahlawan yang beragama Buddha saja, melainkan kepada seluruh pahlawan yang ada mendahului kita," imbuhnya

 

Selanjutnya, terkait dalam dua tahun ke belakang covid-19 melanda seluruh dunia. Menurutnya, saat itu dirinya menyebut tidak ada perayaan sama sekali karena mengikuti apa yang telah ditetapkan pemerintah.

 

"Tahun ini kita baru bisa merayakan kembali. Untuk total peserta hari ini ada 300 san orang yang bisa hadir, dan kita juga libatkan dari para guru, penyuluh, dan peserta didik karena ini untuk menanamkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa, dan terutama penghormatan kepada pahlawan bangsa," pungkas Sariyono. (Riduan)

BACA JUGA: Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Jalin Silahturahmi ke Kantor SMSI Lampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong