Logo Saibumi

Soal Tiket Penyebrangan Masih Menjadi Keluhan Para Pemudik

Soal Tiket Penyebrangan Masih Menjadi Keluhan Para Pemudik

Saibumi.com (SMSI), Lampung Selatan - Permasalahan tiket penyebrangan Pelabuhan Bakauheni - Merak masih dikeluhkan para pemudik arus balik mulai dari pemotor dan pengendara roda empat. 

 

BACA JUGA: Insiden Kebakaran Pasar Unit II Tulang Bawang Hanguskan 15 Ruko

"Masih ada kendala gangguan, ini lagi nunggu, udah lumayan sih ini nunggu nya ada 1 jam kurang," ungkap Agus pemudik sepeda motor dari Telukbetung menuju DKI Jakarta, di Rumah Makan siang malam yang menjadi tempat penjualan tiket penyebrangan agen resmu Ferizy, Jumat (6/5/2022). 

 

Lebih lanjut Agus menuturkan, bahwa hal yang sama pun ia rasakan saat akan melaksanakan arus mudik dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni. 

 

"Sama, malah lebih parah, itu nunggunya bisa sampai 3-4 jam," jelasnya. 

 

Disinggung terkait alur pembelian tiket, Agus menuturkan, bahwa pembelian tiket dilakukan melalui agen resmi yang telah ditetapkan. 

 

"Nah, kalau beli kan itu lewat agen resmi, terus nanti registrasi, pake KTP sama STNK. Terus, setelah itu baru menunggu verifikasi. Disinilah yang lamanya, abis itu baru bayar, jadi kita belum dapet tiket fisik, baru e-ticket saja," tuturnya. 

 

Kemudian, setelah mendapatkan e-tiket, dirinya menjelaskan bahwa nantinya tiket itu di scan di Pelabuhan guna bisa digunakan untuk menyebrang. 

 

"Ini yang jadi masalah, saat scan nya kadang ada gangguan, kadang ya lancar, tapi saat ada gangguan ya bisa numpuk banget lama. Belum lagi kan harus nunggu kapal bongkar muat," tukasnya. 

 

Agus pun berharap, agar tahun depan arus mudik-balik, bisa tertata lebih rapi. 

 

"Kalau harapan kita kan, tahun depan itu bisa lebih baik lagi. Mungkin tahun ini, masih kaget kan udah dua tahun enggak ada mudik. Harapan kita itu aja sih," pungkas Agus.

 

Perlu diketahui, sebelumnya Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menghimbau agar masyarakat yang melaksanakan arus balik untuk membeli tiket kapal di lokasi yang telah ditentukan.

 

"Untuk mencegah kemacetan bagi masyarakat yang melaksanakan arus balik, selain melalui online pembelian tiket ferizy terdapat di tiga lokasi jalan alteri," bebernya di Lampung Selatan, Selasa 3 Mei 2022

 

Lebih lanjut ia menuturkan, pembelian tiket ferizy disiapkan di tiga lokasi di antaranya Jalan Lintas Sumatera (Jalunsum) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Di Jalinsum sendiri berada di RM Siang Malam, Penengahan Lampung Selatan dan RM Tiga Saudara, Ketapang Lampung Selatan, dan Rumah Makan Raja Alam, Lampung Selatan.

 

"Untuk di JTTS berada di tiga rest area di antaranya KM49, KM87 B, dan KM20 B," tutup Pandra. (Riduan)

BACA JUGA: 4,219 Pemudik Tercatat Datang dan Pergi Dari Terminal Rajabasa

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA