Logo Saibumi

Breaking News: Gempa Magnitudo 2,5 Guncang Pesawaran

Breaking News: Gempa Magnitudo 2,5 Guncang Pesawaran

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung melaporkan terjadi gempa bumi tektonik bermagnitudo 2,5 M yang terjadi pada Selasa 3 Mei 2022 pukul 20.20 Wib. 

 

BACA JUGA: Polsek TBu Berhasil Temukan Masyarakat yang Linglung di Depan Hotel Sheraton

"Info gempa bumi tanggal 3 mei 2022 pukul 20.20 Wib. Magnitudo 2,5M," tulis BMkG Lampung melalui situs resminya. 

 

Lebih lanjut BMKG menjelaskan, pusat gempa berada di lokasi 5,4 LS, 105.22 BT (16 km tenggara Pesawaran-Lampung. 

 

Edi salah seorang warga Hanura Menuturkan bahwa getaran dirasakan di wilayahnya. 

 

"Terasa gempa kecil di Hanura," pungkasnya. 

 

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto menuturkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Tarahan dekat Gunung Betung, Bandar Lampung. 

 

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Teluk Betung dengan Skala Intensitas I - II MMI *(Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," tuturnya. 

 

Kemudian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 

 

Terkait Gempabumi Susulan, Hartanto menyampaikan hingga pukul 20:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutup Hartanto. (Riduan) 

BACA JUGA: Selama Arus Mudik Lebaran 2022, Polri: 279 Kasus Kecelakaan, 39 Orang Meninggal

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong