Logo Saibumi

Penyaluran BLT DD Milik KPM Didesa Ogan Lima Dipotong

Penyaluran BLT DD Milik KPM Didesa Ogan Lima Dipotong

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Sudah acap kali pelaku praktek Pungutan Liar (Pungli) maupun Korupsi (Rasuah,red) yang terjadi di wilayah hukum Polres Lampung Utara, di amankan oleh pihak Kepolisian maupun Kejaksaan oleh ulah pelaku itu sendiri. Namun hal itu sepertinya sama sekali tidak membuat 'Ciut' nyali para pelaku Pungli maupun Korupsi. Bahkan prakter yang jelas tidak dibenarkan oleh hukum tersebut semakin menjadi-jadi di Kabupaten yang bejuluk Bumi Ragem Tunas Lampung ini.

 

BACA JUGA: Lonjakan Pemudik, ASDP Tambah 12 Kapal Operasional

Kali ini, dugaan praktek Pungli menyasar kedalam program Pemerintahan Desa dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2022.

 

Menurut I selaku narasumber terpercaya yang sengaja di samarkan identasnya ke publik, sekaligus merupakan salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengatakan bahwa, pada Rabu 13 April 2022 lalu, ia bersama warga lainnya melakukan pengambilan secara langsung BLT DD triwulan pertama di kantor Desa Ogan Lima, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara.

 

Pemotongan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua RT setempat berinisial PR alias Y pada saat KPM menerima BLT DD di Kantor Desa setempat.

 

Dirinya mengaku merasa kebingungan, sebab sepengetahuan dirinya, setiap bulannya KPM menerima BLT DD sebesar Rp.300 ribu/bulan. Jadi jika di ambil per triwulan (3 bulan,red) seharusnya KPM menerima BLT DD sebesar Rp.900 ribu.

 

"Tapi ini kan enggak pak, saya cuma terima Rp.800 ribu aja per triwulan dari BLT DD itu. Jadi pada intinya BLT DD milik KPM itu di potong Rp.100 hingga Rp.150 ribu/KPM/Triwulan. Pemotongan itu juga gak jelas pak,,, untuk apa" ujar I dengan kesalnya yang di amini oleh J KPM lainnya.

 

Sementara itu Widodo, selaku Kades Ogan Lima, saat di konfirmasi melalui sambungan telpon genggamnya, terkait kebenaran informasi tersebut, tampak menepis atas semua tudingan pemotongan BLT DD milik KPM di Desa tempatnya memimpin.

 

"Gak ada itu Mas, pemotongan seperti yang mas sampaikan itu. Siapa yang ngomong. BLT DD milik KPM itu sudah kami realisasikan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada" elaknya Jum'at 13.00 WIB.

 

Untuk di ketahui, lanjut Widodo, jumlah penerima BLT DD di Desa Ogan Lima yang telah di salurkan beberapa waktu lalu, yaitu sebanyak 100 KPM. 69 KPM di serahkan secara langsung. Sedangkan 31 KPM lainnya di transfer melalui rekening KPM masing-masing.

 

"Penyerahan BLT DD kepada KPM itu disaksikan oleh Babinkamtibmas dan Babinsa Desa setempat Mas. Mana mungkin kami melakukan pemotongan seperti yang mas maksud. Kalau persoalan itu mau di tayangin di pemberitaan gak masalah kok. Tayangin aja. Yang jelas kami gak pernah merasa melakukan pemotongan BLT DD milik KPM" pungkasnya seraya bergegas menutup sambungan telpon.

 

Hingga berita ini di tulis, Ketua RT Desa setempat berinisial PR alias Y belum berhasil di konfirmasi. (Ferdani)

BACA JUGA:

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong