Logo Saibumi

Balitbangda Tuba koordinasi dan konsultasi IID Serta IPKD di kabupaten Lambar

Balitbangda Tuba koordinasi dan konsultasi IID Serta IPKD di kabupaten Lambar

Saibumi.com(SMSI),Tulang bawang-Badan penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Tulang Bawang melakukan koordinasi dan konsultasi terkait dengan Indeks Inovasi Daerah (IID) serta Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) di Kabupaten Lampung Barat beberapa waktu yang lalu. Rabu (9-2-2022).

 

BACA JUGA: Jelang Puasa, Janji Mendag Lutfi Bikin Stok Minyak Goreng Aman Ditunggu Rakyat

Dalam kunjungan tersebut Kepala Balitbang Lambar Paijo menyambut hangat kunjungan dari Balitbang Tulang Bawang, ia menyampaikan terimakasih kepada rombongan yang telah memilih Lambar sebagai daerah kunjungan dalam melakukan koordinasi dan konsultasi terkait dengan IID dan IPKD.

 

”Tentunya kami sangat terbuka dengan program- program yang ada, dan kebetulan beberapa poin yang menjadi pokok pembahasan dalam kunjungan ini yakni terkait dengan strategi dalam pelaksanaan Lomba Innovative Government Award (IGA), pengembangan inovasi daerah, teknis pelaksanaan lomba inovasi daerah tingkat kabupaten, Program kerja Kelitbangan,”ungkap Paijo.

 

Dalam pertemuan tersebut juga dibangun kesepakatan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Lambar dan Pemkab Tulang Bawang terkait dengan Replikasi Inovasi Daerah.

 

“Jadi ada penandatangan MoU terkait replika inovasi daerah antara Lambar dan Tuba,”ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Paijo, terkait dengan inovasi daerah, dalam hal ini ajang IGA pada tahun 2021 Lambar dinobatkan sebagai kabupaten paling inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pada tahapan penganugerahan IGA Lambar menyampaikan sebanyak 269 inovasi, dengan 3 inovasi prioritas yaitu penanganan dan pencegahan penularan Covid-19, percepatan pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial.

 

Inovasi prioritas dalam penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di Lampung Barat berupa pelopor pemeriksaan PCR untuk kasus Covid-19 Waktu dari 15 hari menjadi 3 hari, terintegrasinya seluruh Ambulance dengan PSC 119 Penanganan Tingkat Pertama di Ambulance, membentuk Satgas Penanganan Bencana di Tingkat Pekon dan Posko di Tiap Pekon dan Tim Reaksi Cepat yang merespon setiap kejadian secara cepat dan menyeluruh.

 

”Sedangkan inovasi prioritas dalam percepatan pemulihan ekonomi berupa pemberian modal usaha dengan pendamping dan tanpa agunan, satu rumah tangga wajib menghasilkan satu komoditas layak jual, pemberdayaan masyarakat sekitar obyek wisata, mengolah limbah hortikultura dan kopi menjadi pupuk organik yang layak jual, peningkatan ekonomi masyarakat di tingkat Pekon,” bebernya.

 

Inovasi prioritas dalam jaring pengaman sosial berupa mengurangi beban orang tua siswa, bantuan pangan dengan pendampingan dan pemberian makanan tambahan pada Ibu hamil dan balita, serta Rehabilitasi rumah tidak layak huni.

 

”Pemkab Lampung Barat mempunyai komitmen terhadap inovasi yang berkelanjutan dengan membentuk badan penelitian dan pengembangan pada tahun 2016, menjadi target dalam RPJMD tahun 2018, mencanangkan Sosis (Sai OPD Sai Inovasi) tahun 2019, membentuk PM Indah (Pamong Membangun Inovasi Daerah) tahun 2020, terakhir menggulirkan PM INTAN (Pekon Membangun Inovasi Berkelanjutan) tahun 2021,”tutupnya.

 

Kunjungan ke Kantor Balitbang Lambar yang dipimpin Kabid Sosial dan Pemerintahan Balitbangda Tuba Dycky Joko Harsono, SE, MH., didampingi Kasubbid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Riyanti, SE., Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Yulian, SH., serta Staff Bidang Inovasi dan Teknologi Dina Purnama Sari, S.Sos., tersebut diterima langsung oleh Kepala Balitbang Lambar Paijo, SKM, M.Kes., bersama Sekretaris Aliyurdin, S.Sos, M.H., Kepala Bidang Pembangunan Inovasi dan Teknologi Sadikin, ST., dan jajaran lainnya.(Engga)

BACA JUGA: Pelatih Shorinji Kempo Asal Jepang T.Shuhei Senang Latihan Bersama di Dojo Gramapuri Indonesia

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong